IST AKPRIND dampingi Inovator Kota Magelang

0
33
Dosen IST AKPRIND menjelaskan salah satu lat hasil kreasi dan inovasi

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang, Drs. Arif Barata sakti,M.T., meyebut para inovator merupakan kelompok masyarakat kreatif yang harus didampingi oleh para ahli yang sesuai dengan produk yang dihasilkan. Sehingga hasil inovasi dari para inovator tersebut benar-benar dapat menjadi sebuah produk yang dapat dikembangkan sehingga menjawab kebutuhan pasar. Hal ini bukan hanya akan menguntungkan bagi inovator itu sendiri namun juga akan memberikan dampak positif bagi masyarakat yang tentunya akan meningkatkan daya saing daerah. Hal itu diungkapkan saat pelaksanaan diseminasi tahap 3 Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova), di Aula Balitbang Kota Magelang, Kamis (25/10)

Salah satu hasil inovasi di ujicoba dihadapan Kepala Balitbang dan Anggota DPRD Kota Magelang

IST AKPRIND digandeng oleh balitbang untuk mendampingi para inovator agar hasil karyanya dapat dikembangkan menjadi teknologi tepat guna yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Sebelumnya terdapat sekitar 30 hasil kreasi dan inovasi dari masyarakat yang diajukan untuk dilakukan seleksi tahap pertama. Hingga akhirnya dinyatakan terdapat 6 usulan yang akan didanai dan mengikuti diseminasi tahap 3. Pada diseminasi tahap 3 ini hadir pula anggota DPRD kota Magelang seperti Adi Chandra Pamungkas, A.Md, H. Arifin Mustofa, S.Pd., Tyas Anggraeni BP., SE, M.Sc dan sejumlah anggota lainnya untuk melihat langsung sejauh mana proses pembuatan hasil kreasi dan inovasi para inovator, sebelum nantinya dikirim ke Semarang untuk mengikuti Krevona di tingkat propinsi.

Kajur Teknik Lingkungan menjelaskan perkembangan Teknik Lingkungan kepada anggota DPRD Kota Magelang

Ketua Jurusan Teknik Elektro, Sigit Priyambodo, S.T,M.T, beserta Ketua Jurusan Teknik Lingkungan, Purnawan, S.T., M.Eng mengatakan, pihaknya bertugas untuk melakukan pendampingan dalam mengembangkan prototype dari para inovator agar menjadi teknologi tepat guna yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.  Sebagai pihak yang berasal dari Perguruan Tinggi,  tim dari IST AKPRIND akan memastikan bahwa sejumlah alat hasil kreasi dan inovasi tersebut dilihat dari sisi teknis dan fungsional dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan. Dalam pendampingan ini IST AKPRIND menerjunkan tidak kurang dari 6 dosen dari berbagai jurusan di IST AKPRIND untuk mendampingi para inovator kota Magelang tersebut. Para dosen tersebut antara lain Dr. Samuel Kristiyana, S.T., M.T., Beny Firman, S.T., M.Eng, (Teknik Elektro), Taufik Hidayat, S.T., M.Eng., serta Yuli Purwanto, S.T., M.Eng dari jurusan Teknik Mesin.Para Dosen juga melibatkan sejumlah mahasiswa dalam pendampingan teknis.  (tdj)

Tim IST AKPRIND berfoto bersama jajaran Balitbang dan Anggota DPRD Kota Magelang