Ir. Paulus Insap Santosa, M.Sc., Ph.D, IPU Narasumber Pelatihan Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi di IST AKPRIND Yogyakarta

0
268

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) berkomitmen untuk mendorong setiap perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan sesuai dengan Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti). Melalui peraturan inilah setiap perguruan tinggi wajib untuk menjamin pemenuhan mutu pendidikan yang diselenggarakan sesuai dengan Standar Pendidikan Tinggi. SPM Dikti sendiri terdiri dari Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang direncanakan, dilaksanakan, dievaluasi, dikendalikan, dan dikembangkan oleh masing-masing perguruan tinggi dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) yang direncanakan, dilaksanakan, dievaluasi, dikendalikan, dan dikembangkan oleh BAN-PT dan/atau Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). 

IST AKPRIND melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) menyelenggarakan workshop bertajuk Peningkatan SPMI Perguruan Tinggi Menuju Akreditasi Unggul. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Sidang Utama, Kampus 1 IST AKPRIND, Kamis dan Jumat (20-21/10). Kegiatan ini diikuti oleh segenap dosen di lingkungan IST AKPRIND. 

Rektor IST AKPRIND Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., membuka kegiatan workshop ini. Edhy menjelaskan bahwa workshop ini merupakan sebuah upaya Institut untuk menjawab kebutuhan akan jaminan mutu di IST AKPRIND. Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini, jaminan mutu Unggul dapat dicapai sesuai dengan visi misi Institut, fakultas, dan jurusan. Hal ini bisa dicapai dengan menjalankan evaluasi atas capaian kinerja di lingkup unit, fakultas, serta jurusan yang ada di IST AKPRIND.

Pemateri pada sesi pertama workshop ini adalah Ir. Paulus Insap Santosa, M.Sc., Ph.D, IPU, dosen Fakultas Teknik UGM, membawakan materi dengan topik Penguatan SPMI Menuju Akreditasi Unggul. Dilanjutkan dengan materi dengan topik Kelengkapan Dokumen Efektivitas Pelaksanaan Penjaminan Mutu oleh tim dari LPM IST AKPRIND yaitu Imam Sodikin, S.T., M.T., dan Rokhana Dwi Bekti, S.Si., M.Si. Materi terakhir yaitu Pembuatan Laporan Kinerja dan Studi Kasus disampaikan oleh Nur Rahmawati S.E., MBA, dan Dina Tania, S.T., M.T. Tak hanya diisi oleh penyampaian materi, workshop ini juga diisi dengan sesi diskusi dan tanya jawab. (humas)