Implementasikan Program PPK Ormawa, HIMASTA Gandeng KWT Adakan Pelatihan Produksi Pangan

0
301
Kelompok PPK Ormawa HIMASTA berfoto bersama dengan peserta pelatihan, Minggu (6/8).

Himpunan Mahasiswa Jurusan Statistika (HIMASTA) IST AKPRIND menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Produksi dan Varian Rasa Produk Keripik Gadung dan Sambal Cabai Siap Saji, Minggu (6/8). Kegiatan ini merupakan implementasi dari program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Kemdikbudristek, di mana HIMASTA merupakan salah satu Ormawa yang berhasil mendapatkan pendanaan. Pelatihan berlangsung di Kretek, Glagah, Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kelompok usaha masyarakat yang terlibat pada pelatihan tersebut merupakan UKM Aneka Olahan Cabai. 

Pelatihan tersebut menghadirkan Titin, Ketua Kelompok Wanita Tani Melati (KWT) UKM Olahan Aneka Cabai. Titin dibantu oleh empat orang anggota KWT Melati. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Rokhana Dwi Bekti, S.Si., M.Si., selaku dosen pembimbing pada program PPK Ormawa HIMASTA. Pada sambutannya, Rokhana berharap melalui pelatihan tersebut, dapat memberikan edukasi bagi warga Tanjungsari dalam hal pembuatan produk serta kiat-kiat dalam berwirausaha. 

Sementara itu, Titin selaku narasumber menyatakan bahwa setiap orang bisa berwirausaha. Ia menambahkan, jatuh bangun dalam proses membangun usaha merupakan hal yang biasa. Ia juga menuturkan bahwa ketentuan legalitas produk yang dibuat harus menjadi perhatian utama. Titin menyampaikan materi mengenai alur produksi keripik gadung dan sambal yang baik, legalitas suatu produk, varian rasa produk, pengemasan produk, serta ketahanan produk. Tak hanya memberikan materi, Titin juga mempraktikkan pembuatan produk oleh kelompok keripik gadung dan pengolahan produk cabai. (humas)