Ikrar Sumpah Pemuda oleh 500 Mahasiswa dan Pelajar Segitiga Balapan

0
112

Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 bulan Oktober merupakan sebuah momentum refleksi bagi bangsa Indonesia. Di momen ini tahun 1928 silam, para pemuda menggelar Kongres Pemuda yang mempertemukan pemuda dari berbagai daerah di Nusantara. Pada momen inilah, kaum pemuda di Indonesia sepakat untuk bersatu padu sekaligus berjuang demi kemerdekaan Indonesia, yang akhirnya terwujud pada 17 Agustus 1945. 

Pada tahun ini, Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2022 diperingati oleh Institut Sains dan Teknologi AKPRIND dengan menyelenggarakan acara bertajuk Pemuda Berikrar. Menggandeng tiga institusi lain yang terletak di kompleks Balapan, yakni Politeknik LPP, Politeknik YKPN, serta SMK Perindustrian Yogyakarta, kegiatan ini berlangsung di Segitiga Balapan. Acara ini melibatkan sebanyak 500 mahasiswa dan pelajar dari empat institusi. Kegiatan diisi dengan orasi yang disampaikan oleh Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IST AKPRIND Wahid Muharam Rifai dengan tema Anti Narkoba, mahasiswa Politeknik LPP Fadil dengan tema Persatuan, Kesatuan, dan Kebhinekaan, mahasiswa Politeknik YKPN Aditya Yudo Pratomo dengan tema Pemuda Kreatif dan Inovatif, serta Rizki Furdaus dengan tema Pelajar Bersahabat. Tak hanya itu, Kasubdit Bintipsos Dit Binmas Polda DIY AKBP Tri Novi Purwaningrum, S.E. juga turut menyampaikan orasi ilmiah dengan tema Pendidikan atau Gerakan Anti Korupsi dan Gerakan Anti Radikalisme.

Pada kegiatan ini mahasiswa dan pelajar yang terlibat juga bersama-sama mengucapkan Ikrar Sumpah Pemuda serta Ikrar Mahasiswa dan Pelajar. Acara berlangsung meriah dengan iringan lagu Bangun Pemuda Pemudi serta Satria Indonesia yang dinyanyikan oleh paduan suara pelajar dan mahasiswa. Di akhir acara, 500 mahasiswa serta pelajar yang terlibat pada acara ini melakukan flash mob Tari Beksan Wanara, yaitu tari yang menceritakan tentang perang tanding antara Sugriwa dan Subali. Partisipan serta tamu undangan yang hadir pada acara ini nampak antusias mengikuti kegiatan flash mob

Kegiatan Pemuda Berikrar di Segitiga Balapan ini menjadi satu-satunya peringatan Hari Sumpah Pemuda yang disajikan dalam balutan ikrar pemuda di Yogyakarta. Pada acara ini, hadir berbagai elemen pemerintahan, TNI, serta POLRI. Mereka yang hadir diantaranya Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Kota Yogyakarta Wirawan Hario Yudo, S.H., perwakilan Dikpora DIY Khomsul Arifin, S.Ag., M.Pd., I., perwakilan BNN Kota Yogyakarta Bambang Wirianto, S.Si., Ketua DPRD Komisi A Kota Yogyakarta Eko Suwanto, S.E., M.Si., Danramil 04/Danurejan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Mayor Inf. Emanuel Andrianto, S.Sos., Kanit Binmas Polsek Gondokusuman Iptu Muh. Arwan, serta Koramil Gondokusuman Mayor Inf Abdullah Nur Wahid, S.Ag. Rektor IST AKPRIND Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., Direktur Politeknik LPP Ir. M. Mustangin, ST., M.Eng., IPM., Direktur Politeknik YKPN  Drs. Sururi, M.B.A., Ak., C.A., serta Kepala Sekolah SMK Perindustrian Yogyakarta Dede Zakiyuddin, S.Ag., turut hadir dan berpartisipasi pada rangkaian kegiatan ini. (humas)