Hormati Pahlawan Pendidikan dan Tokoh Pendiri, Akprind University Ziarah dan Tabur Bunga dalam Rangka Dies Natalis Ke-52

0
51

Keberadaan Universitas AKPRIND Indonesia tidak terlepas dari peran para Tokoh Pendirinya. Mereka memiliki kontribusi besar dalam mendirikan Akademi Perindustrian yang kemudian berkembang menjadi IST AKPRIND dan kini bertransformasi menjadi Universitas AKPRIND Indonesia (Akprind University). Penghargaan terhadap peran para pendiri senantiasa dijaga oleh sivitas akademika Akprind University. Sebagai salah satu bentuk penghargaan sekaligus penghormatan tersebut dilakukan dengan kegiatan ziarah dan tabur bunga dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-52 Universitas AKPRIND Indonesia.

Kegiatan ziarah dan tabur bunga dilakukan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Negara Yogyakarta, Kamis (7/5). Di TMP tersebut, salah satu pendiri dan juga Rektor pertama Akprind University, Kapten Laut (Purn) Drs. Ir. Siswono Oetoyo (Alm) dimakamkan. Ziarah diawali dengan upacara penghormatan Pahlawan dan Tokoh Pendiri Akprind University, peletakan karangan bunga, dan dilanjutkan tabur bunga. Ziarah dan tabur bunga dipimpin oleh Ketua Rektor, Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom.. Hadir bersama dalam kegiatan tersebut Ketua Yayasan Pembina Potensi Pembangunan (YPPP) Ir. Sagoro Wedy, M.M. dan Pengurus YPPP, perwakilan dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

Rektor Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., tengah berdoa di makam para pendiri Akrpind University di Taman Wijayabrata, Kamis (7/5).

Setelah dari TMP Kusuma Negara, kegiatan ziarah dan tabur bunga dilanjutkan ke Taman Wijaya Brata yang berada tidak jauh dari TMP Kusuma Negara. Taman Wijaya Brata tersebut merupakan tempat pemakaman para tokoh pendidikan, termasuk Tokoh Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara. Salah satu pendiri Akprind University yang juga mantan Ketua Pengurus YPPP, Soebardi Partono, B.Sc., dimakamkan di Taman Wijayabrata. Di lokasi tersebut juga terletak makam para tokoh yang berperan dalam pendirian Akprind University seperti Ibu Sri Romdiyani Seobardi Partono, Ki Ir. R. Soekamto, serta Ki Gondogimono. (humas)