Hari ke-4 Mahasiswa Baru, Perkenalan dengan Jurusan

0
46

Setelah tiga hari bergaul dengan kakak angkatan melalui kegiatan Sasidiwa 2018, minggu pertama mahasiswa baru masih berlanjut dengan kegiatan non akademik. Hari keempat mahasiswa baru, Kamis (6/9) mengagendakan pertemuan mahasiswa baru dengan jurusan masing-masing. Seluruh dosen dari 9 jurusan yang ada di IST AKPRIND bersiap menyambut mahasiswa baru di ruangan yang telah disiapkan oleh panitia.

Selain untuk melihat gambaran tentang jurusan yang dipilihnya, melalui pertemuan tersebut dijadikan kesempatan oleh mahasiswa baru untuk perkenalan dan silaturahmi dengan dosen dan mahasiswa angkatan sebelumnya. Ketua Jurusan Teknik Lingkungan Purnawan, S.T., M.Eng, CWS pada pertemuan  bersama mahasiswa jurusannya juga berupaya melihat motivasi mahasiswanya berkuliah di Teknik Lingkungan IST AKPRIND.  Mayoritas mahasiswa teknik lingkungan yang berasal dari luar Jawa ternyata memberika alasan bahwa masih minimnya lulusan perguruan tinggi yang memiliki kemampuan teknik lingkungan di daerah asal mereka. Sehingga kebutuhan instansi baik pemerintah maupun swasta terhadap lulusan teknik Lingkungan sangat tinggi. Sementara di ruangan lain, ketua Jurusan teknik Elektro, Sigit Priyambodo, S.T.,M.T. dihadapan mahasiswanya mengajak agar mahasiswa teknik elektro tidak hanya mejadi mahasiswa kupu-kupu atau kuliah lalu pulang, namun harus mampu memanfaatkan kesempatan untuk melatih softskillnya. Sigit menambahkan, bahwa mahasiswa tidak cukup hanya berprestasi dalam bidang akademik saja. Mahasiswa juga harus aktif di unit kegiatan mahasiswa untuk menambah kompetensi non akademiknya namun tentunya juga tidak melupakan kewajiban utamanya yaitu dibidang akademik.

Mahasiswa Baru IST AKPRIND tahun 2018 ini tidak hanya berasal dari DIY dan sekitarnya saja. Setengah jumlah mahasiswa baru IST AKPRIND berasal dari luar Jawa, sementara sisanya berasal dari Jawa Tengah, DIY, dan beberapa daerah lainnya di pulau Jawa. Minggu pertama mahasiswa baru angkatan 2018 diisi dengan pengenalan kampus, jurusan serta kegiatan lain. Hari Jumat (7/9) mahasiswa baru akan diajak untuk melakukan kegiatan bersih-bersih area kampus baik dikampus I, II dan III, sementara pada Sabtu (8/9) akan diselenggarakan ekspo Himpunan Mahasiswa Jurusan serta Unit Kegiatan Mahasiswa pada pagi hingga siang harinya. Sedangkan pada malam harinya akan diselenggarakan malam inagurasi serta kesenian di halaman kampus. (tdj)