Guna Mengurangi Angka Kemiskinan, 10 PTS DIY Tandatangani Kerja Sama dengan Pemkab Kulon Progo

0
255
Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta menghadiri acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan 10 Perguruan Tinggi di Yogyakarta, Senin (6/3).

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta (IST AKPRIND) menghadiri acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan 10 Perguruan Tinggi di Yogyakarta, Senin (6/3). Acara tersebut dilaksanakan di Aula Adikarto, Gedung Kaca, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. IST AKPRIND diwakili oleh Rektor Dr. Edhy Sutanta, S.T., M. Kom., dan Kepala Pusat Penelitian LPPM IST AKPRIND Dr. Anak Agung Putu Susastriawan, S.T., M.Tech.

Acara yang digelar Pemkab Kulon Progo ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Biro Tata Pemerintahan DIY KPH Yudanegara, S.E., M.Si., Ph.D., Rektor Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Prof. dr. Fathul Wahid, S.T., M.Sc, Ph. D., dan Pj. Bupati Kulon Progo Drs. Tri Saktiyana, M.Si.

Dalam sambutannya,  KPH Yudanegara memaparkan bahwa dari data Badan Pusat Statistik (BPS) mendapati sesuatu hal yang kurang baik mengenai kemiskinan, yakni sebesar 11,4 persen dan angka kemiskinan tersebut tertinggi di Pulau Jawa. Hal ini pastinya sangat tidak baik untuk daerah yang disebut Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Kita memiliki 135 kampus di DIY, dengan adanya kampus itu kami harapkan bahwa kita bisa bekerja sama dengan pemerintah kalurahan, ini sangat baik dan penting sekali karena dari kalurahan ini harus ada SDM yang mumpuni.” ujarnya.

KPH Yudanegara berharap, dengan adanya penandatanganan kerja sama ini bisa berkoordinasi khususnya di Biro Tata Pemerintahan (Tapem) DIY, karena Biro Tapem memiliki jobdesk untuk pembinaan kawasan kalurahan dan kapanewon se-DIY. Selain itu juga, berguna untuk pendalaman yang ada di kalurahan, sebab baru ada 35 kampus yang bekerja sama dengan Pemda DIY.

“Harapannya dari lebih dari seratus kampus di DIY ini kita bersinergi dan berkolaborasi. Dengan adanya mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kalurahan dan juga ada kegiatan dengan konsep kampus merdeka, hal ini bisa mentransfer knowledge yang  ada di kalurahan dan para pamong.” kata KPH Yudanegara.

PJ Bupati Kulon Progo Drs. Tri Saktiyana, M.Si., turut menyampaikan rasa terima kasihnya dan menghargai atas komitmen kerja sama tersebut, serta meyakini bahwa sudah banyak hal yang dilakukan oleh institusi-institusi yang hadir di acara penandatanganan ini. Pihaknya akan mengonkretkan lebih detail dengan kerja sama lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lintas wilayah se-DIY.

Acara diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan 10 perguruan tinggi di Yogyakarta, lalu dilanjutkan dengan pemberian cendera mata oleh masing-masing pihak hingga ditutup dengan foto bersama. (humas)
Berita terkait (yogya.inews.id, rri.co.id, jogjapolitan.harianjogja.com)