FTI Selenggarakan Kuliah Umum Internasional

0
435

Pandemi Covid 19 yang belum berakhir menjadikan perkuliahan dengan sistem daring masih diberlakukan IST AKPRIND Yogyakarta. Ditambah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang diterapkan di Jawa dan Bali tentu sangat berpengaruh terhadap rutinitas kegiatan yang dilakukan di kampus ini. Namun hal itu semua tidak menyurutkan semangat sivitas akademika untuk menyelenggarakan kegiatan- kegiatan dengan skala internasional.

Fakultas Teknologi Industri (FTI) IST AKPRIND pada masa pembatasan kegiatan masyarakat tersebut menyelenggarakan Kuliah Umum Internasional dengan melibatkan dua Perguruan Tinggi dari negeri jiran Malaysia. Kuliah Umum internasional yang pertama adalah bekerjasama dengan Fakulti Teknik dan Kejuruteraan Universiti Teknologi Malaysia atau UTem. Dengan mengangkat tema Lean Manufacturing, dosen dari Teknik Industri IST AKPRIND, Rahayu Khasanah tampil sebagai Narasumber. Kandidat Doktor ini memberikan paparan tentang Lean Manufacturing, sebuah konsep yang dipelopori oleh Toyota Production System (TPS) yang bertujuan untuk memaksimalkan value bagi pelanggan dan meningkatkan nilai profit dengan menghilangkan aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah. Lean manufacturing adalah merupakan cara berpikir, filosofi, metode serta strategi manajemen dalam mengelola untuk meningkatkan efisiensi dengan sumberdaya yang dimiliki. Lean bukan upaya untuk perampingan atau mengurangi pegawai yang ada namun merupakan upaya untuk memiliki sumber daya yang tepat, di tempat yang tepat untuk melakukan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder, diwaktu yang tepat dengan kualitas terbaik.

Kuliah Umum yang kedua merupakan kerjasama FTI dengan Universiti Malaysia Pahang. Pada kuliah umum kedua ini jurusan Teknik Mesin IST AKPRIND didaulat menjadi penyelenggara kegiatan. Pakar Teknologi Laser dari Universiti Malaysia Pahang, Prof. Dr. Mahadzir bin Ishak dihadirkan sebagai narasumber. Dengan dipandu moderator Satriawan Dini Hardiyanto, dosen Teknik Mesin IST AKPRIND, Kuliah Umum dengan tema Laser Application in Manufacturing Process diikuti puluhan mahasiswa dari berbagai jurusan di IST AKPRIND.

Dekan FTI IST AKPRIND, Dr. Ir. Toto Rusianto, M.T., menyampaikan bahwa penyelenggaran kuliah umum oleh jurusan Teknik Industri dan Teknik Mesin tersebut merupakan salah satu bentuk pelaksanaan kerjasama antara IST AKPRIND dengan dua Perguruan Tinggi dari Malaysia. Ini merupakan implementasi dari penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama yang telah ditandatangani beberapa waktu yang lalu tambahnya. Pada masa pandemi covid yang membatasi kegiatan fisik, seluruh kuliah umum diselenggarakan secara daring. Sehingga dosen maupun mahasiswa tidak perlu berkumpul pada satu lokasi, namun tetap bisa mengikuti kuliah umum dari rumah masing-masing. (tdj)