Ekonomi, Sosial dan Lingkungan Hidup Merupakan Pilar Pembangunan Keberlanjutan

0
3204

Peraturan Pemerintah No 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan menyebutkan, bahwa Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) adalah kajian mengenai dampak penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada Lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan. Penerapan AMDAL merupakan penerapan aturan untuk menekan dampak negatif dari pembangunan yang dilaksanakan, sehingga perlu adanya sinergisitas antara pembangunan dan lingkungan hidup. Hal tersebut diutarakan oleh Hendi Hidayat, S.T., M.Si, anggota Dewan Sumber Daya Air DIY saat memberikan pelatihan AMDAL  bagi mahasiswa di auditorium IST AKPRIND, Selasa (16/1).

Sosok yang juga pemilik serta pendiri PT Cahaya Land Site ini mengemukakan bahwa pilar pembangunan keberlanjutan meliputi Ekonomi, Sosial dan Lingkungan Hidup. Berbagai regulasi telah dikeluarkan oleh pemerintah sebagai upaya untuk meminimalkan atau menghindari dampak buruk pembangunan berkelanjutan. AMDAL bertujuan menjaga keserasian hubungan antara berbagai kegiatan agar dampaknya dapat diperkirakan sejak awal perencanaan. Sehingga AMDAL akan berfokus pada analisis potensi masalah, konflik, kendala SDA, pengaruh kegiatan terhadap proyek yang ada. Sehingga dengan AMDAL pemrakarsa dapat menjamin bahwa proyek yang dilaksanakan bermanfaat bagi masyarakat dan aman terhadap lingkungan, tuturnya.

Pelatihan AMDAL bagi mahasiswa IST AKPRIND merupakan rangkaian pelatihan dan workshop  guna mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) setelah pada hari sebelumnya dilaksanakan pelatihan entrepreneurship. Dalam acara dengan moderator Dra. Yuli Pratiwi, M.Si ini bukan hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan semata, namun juga akan memberikan bekal kepada mahasiswa yang akan terjun dalam dunia kerja ataupun dunia industri. Sebab saat ini setiap industri memiliki kewajiban dalam penerapan AMDAL dalam menjalankan operasionalnya.(tdj)