Dukung Sensus Penduduk 2020, IST AKPRIND Sosialisasikan pada Masyarakat.

0
43

Tergabung dalam Forum Perguruan Tinggi Stastika Indonesia (FORSTAT), IST AKPRIND melalui jurusan Statistika memiliki peran dalam memberikan sosialisasi sensus penduduk tahun 2020. Bertempat di Kampus 3 IST AKPRIND, Jum’at (14/2), jurusan Statistika  bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik kota Yogyakarta mwlakukan sosialisasi yang diikuti oleh puluhan peserta baik dosen dan mahasiswa IST AKPRIND maupun masyarakat.

Rokhana Dwi Bekti, S.Si., M.Si., sekretaris jurusan Statistika IST AKPRIND mengatakan, pada era digital ini, Badan Pusat Statistik (BPS) memunculkan metode baru untuk agenda Sensus Penduduk 2020. Sebelumnya sensus hanya dilakukan dengan cara berkeliling ke seluruh rumah warga. Saat ini, Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Pusat Statistik dan Kementerian Dalam Negeri melakukan Sensus Penduduk secara online. Pada Sensus Penduduk 2020 BPS bekerjasama dengan Perguruan Tinggi di Indonesia yang meiliki jurusan Statistika. Hal tersebut dilakukan karena BPS bukan hanya akan melakukan perhitungan jumlah penduduk dari segi komposisi, distribusi dan karakteristik semata, namun juga terdapat perhitungan demografi, karakteristik maupun proyeksi penduduk seperti fertilitas, mortalitas maupun migrasi. Rokhana juga mengungkapkan bahwa sensus penduduk yang diselenggarakan setiap sepuluh tahun tersebut membutuhkan peran aktif dari seluruh masyarakat Indonesia. Kemudahan dengan pelaksaannya yang secara online, masyarakat bisa mengisi dimana saja dan kapan saja tanpa harus menunggu petugas sensus datang kerumah. Pengisian data secara online/daring bisa dilakukan hingga tanggal 31 Maret 2020 mendatang dengan mengunjungi laman sensus.bps.go.id.

Statistika memiliki peran penting dalam setiap pelaksanaan sensus ataupun survei. Statistika merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritme statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitas. Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam (misalnya astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu sosial (termasuk sosiologi dan psikologi), maupun di bidang bisnis, ekonomi, dan industri. Statistika juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan; sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta hitung cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count. Di bidang komputasi, statistika dapat pula diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan.

Jurusan Statistika IST AKPRIND Yogyakarta saat ini menjadi salah satu jurusan yang paling dimani oleh masyarakat. Prospek lulusan yang cerah menjadi daya tarik tersendiri. Lulusan jurusan statistika sangat dibutuhkan dalam perusahaan untuk analisa pasar hingga angka penjualan dan memberikan prediksi-prediksi berdasarkan data. Salah satu profesi yang membutuhkan keilmuan statistika adalah menjadi seorang aktuaris yaitu ahli dalam ilmu keuangan dan teori statistik untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bisnis aktual yang menyangkut analisis kejadian masa depan yang berdampak pada segi finansial, khususnya yang berhubungan dengan besar pembayaran pada masa depan dan kapan pembayaran dilakukan pada waktu yang tidak pasti. (tdj)