Dua Proposal Mahasiswa IST AKPRIND Raih Hibah PKM AI

0
59

Dua judul Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis Artikel Ilmiah mampu diloloskan oleh dua kelompok mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta. Tertuang dalam surat Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan Nomor:1588/E2/TU/2020 tentang Insentif PKM-KT dan PKM-GFK Tahun 2020 tertanggal 22 Juli 2020. Dengan lolosnya proposal artikel ilmiah karya Margaritha Tefa, dkk dan Hildegardis Filadelfi, dkk ini, kedua kelompok mahasiswa tersebut berhak atas insentif masing-masing sejumlah tiga juta rupiah.

Dalam artikel ilmiahnya Margaritha Tefa bersama dengan Yaumi Itqi dan Yosni Manu menulis proposal dengan judul “Pemodelan Geographically Weighted Regression Pada Balita Penderita Pneumonia Di Provinsi Jawa Timur Pada Tahun 2017”. Sedangkan ildegardis Filadelfi, bersama dengan Maria Ingriela T dan Maria Theresia Bhili mengirimkan proposal dengan judul “Pemodelan Spatial Error Model (Sem) Untuk Analisis Kemiskinan Di Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2017”. Kedua kelompok mahasiswa tersebut secara kebetulan dibimbing oleh dosen yang sama, Rokhana Dwi Bekti, S.Si., M.Si dari jurusan Statistika.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama IST AKPRIND, Ir. Joko Waluyo, M.T., sangat mengapresiasi keberhasilan dua mahasiswa dari jurusan Statistika tersebut. Menurut Ir. Joko Waluyo, M.T., kategori yang diikuti kedua kelompok mahasiswa tersebut Merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari hasil kegiatan akademik dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat (misalnya studi kasus, praktik lapangan, KKN, PKM, magang). Hal tersebut merupakan upaya pemerintah dalam memandu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual, pungkasnya.

Program Kreativitas Mahasiswa merupakan salahsatu implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sejak diluncurkannya, PKM memperoleh respon positif, baik di kalangan mahasiswa maupun pimpinan perguruan tinggi. Dalam upaya mengakomodasi perkembangan ide kreatif dan inovatif mahasiswa, PKM terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga mahasiswa mampu mengantisipasi, memahami bahkan berkontribusi untuk mewujudkan tujuan kehidupan dunia yang dicanangkan PBB dalam 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) tahun 2015-2030. (tdj)