Dr. Ir. Toto Rusianto, M.T. Wakil Rektor I IST AKPRIND masa bakti 2021-2025

0
727

Dr. Ir. Toto Rusianto, M.T. adalah nama lengkap Wakil Rektor bidang Akademik IST AKPRIND masa bakti 2021-2025 ini. Sosok yang lahir di Bandung, Jawa Barat 55 tahun silam tersebut dilantik oleh Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom, Rabu (10/3) di Auditorium IST AKPRIND. Dr. Ir. Toto Rusianto, M.T. menggantikan posisi pendahulunya yaitu Drs. Yudi Setyawan, MS., M.Sc., yang telah habis masa jabatannya.

Toto Rusianto menghabiskan masa kecilnya di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Toto Rusianto mengenyam pendidikan dasar mulai dari SDN 2 Petang Cijantung, Jakarta Timur lalu melanjutkan ke SMPN 103 Cijantung Jakarta Timur. Sementara untuk pendidikan SMA, ia harus berpindah ke Pemalang, Jawa Tengah tepatnya di SMAN 1 Pemalang, Jawa Tengah. Selepas dari SMA, suami dari Titik Harwati ini menempuh pendidikan Tinggi di Universitas Indonesia dengan mengambil program Studi Teknik Metalurgi dan lulus pada tahun 1992. Sementara untuk pendidikan Magister atau S2, Dosen jurusan Teknik Mesin yang bergabung dengan IST AKPRIND sejak tahun 2003 ini menempuhnya di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada program studi Teknik Mesin. Begitu pula untuk pendidikan Doktoral ditempuh di Universitas Gadjah Muda juga dengan program studi yang sama seperti saat Magister yaitu Teknik Mesin.

Sebelum mendapat kepercayaan untuk menduduki jabatan Wakil Rektor Bidang Akademik, beberapa jabatan dilingkungan IST AKPRIND pernah diemban oleh ayah dua putra dan satu putri ini. Jabatan tersebut antara lain adalah menjadi Ketua Jurusan Teknik Mesin serta Dekan Fakultas Teknologi Industri dan hingga kini masih tercatat sebagai Anggota Senat Akademik IST AKPRIND. Selain menjadi dosen di IST AKPRIND, Toto Rusianto juga tergabung dalam organinsasi profesi Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia atau METI. (tdj)