Dosen Teknik Informatika Berikan Pelatihan Digital Marketing bagi UMKM di Kapanewon Sedayu

0
374

Pengabdian ke masyarakat menjadi salah satu darma wajib yang harus dilaksanakan dosen dalam menjalankan aktivitas dan sebagai wujud pelaksanaan salah satu Tridarma Perguruan tinggi. Dosen di Program Studi (Prodi) Informatika, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta setiap semester konsisten dalam melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat. Tujuan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan tidak semata-mata hanya sekedar menggugurkan kewajiban pengabdian pada masyarakat pada pelaksanaan tridarma perguruan tinggi namun tujuan utamanya adalah bagaimana para dosen benar-benar dapat meningkatkan potensi dan sumberdaya masyarakat terutama dalam penggunaan teknologi informasi. Salah satu aktivitas pengabdian pada masyarakat yang dilakukan di bulan Desember 2020 ini. Pada bulan Desember ini tim pengabdian kepada masyarakat Prodi Teknik Informatika melakukan pendampingan pada pelaku usaha yang tergabung dalam paguyuban UMKM Laras Manunggal di Kapanewon Sedayu.

Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini dibuka secara resmi oleh Panewu Kapanewon Sedayu, Sarjiman SIP ME. Dalam sambutannya Sarjiman SIP ME menyampaikan penggunaan media sosial sebagai media promosi di era digital saat ini menjadi sangat penting bagi para pelaku UMKM terutama di masa pandemi Covid 1-9. Sehingga pelaku UMKM diwilayahnya sangat membutuhkan pendampingan terutama dari Perguruan Tinggi di bidang Sains & Teknologi seperti IST AKPRIND Yogyakarta. Sementara itu Muhammad Sholeh, S.T., M.T., selaku salah satu dosen yang melaksanakan pengabdian pada masyarakat mengungkapkan bahwa pelaksanaan pengabdian ini bertujuan agar para pelaku UMKM dapat menggunakan media sosial baik sebagai media promosi maupun sebagai media untuk transaksi. Sehingga produk yang dipromosikan menarik calon konsumen, dalam kegiatan ini tim dari IST AKPRIND memberikan pelatihan membuat foto produk agar menarik dan informatif. Dengan adanya foto produk yang menarik sebagai konten di media sosial, diharapkan promosi dapat berjalan dengan baik, imbuh Sholeh. Anggota tim abdimas lainnya, Rr. Yuliana Rachmawati,S.T.,M.T., menambahkan, dalam pendampingan ini peserta dilatih dengan membuat foto dengan menggunakan smartphone dan mengemas agar foto yang menjadi konten lebih menarik, perlu adanya sentuhan dengan menggunakan aplikasi.

Peserta pelatihan sangat antusias dalam praktik membuat foto produk, peserta dibimbing dengan membuat foto produk dengan peralatan yang dimiliki seperti kamera ponsel. Peserta yang memproduksi barang, hampir semua membawa produknya dan mereka melakukan sesi foto serta melakukan editing. Selama kegiatan pelatihan ini tim dari IST AKPRIND juga melibatkan mahasiswa. Tujuan dilibatkan mahasiswa ini bertujuan agar para mahasiswa mengetahui persoalan-persoalan yang ada di masyarakat terutama yang ada di pelaku UMKM.

Pada kesempatan terpisah Ketua Jurusan Informatika, Ibu Erfanti Fatkiyah,S.Kom,M.Cs, menyampaikan bahwa setiap dosen di prodi Informatika dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat harus selaras dengan bidang informatika. Pelaksanaan pengabdian tidak hanya pada masyarakat UMKM, tetapi juga dilaksanakan di sekolah maupun di industri. Prodi informatika sangat terbuka jika ada mitra baik dari masyarakat, sekolah maupun industri.

sumber