Dosen Teknik Elektro Berbagi Pengetahuan dengan Astra Motor Honda Yogyakarta

0
49

Pengabdian kepada masyarakat (abdimas) merupakan salah satu dharma Perguruan Tinggi selain Pengajaran dan Penelitian. Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan Tinggi, abdimas merupakan kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sebagai upaya mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut ditengah-tengah masyarakat, 3 Dosen IST AKPRIND dari jurusan Teknik Elektro melakukan pengabdian kepada masyarakat di Astra Motor Honda, Yogyakarta, Sabtu (27/6). Dengan mengangkat tema : “Pengembangan Hasil Penelitian Alat Battery Monitoring & Charging System berbasis Internet of Things (IoT) untuk Industri”, Sigit Priyambodo, S.T., M.T., M Andang Novianta, S.T., M.T. serta Beny Firman, S.T., M.Eng berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan karyawan Astra Motor Honda, Yogyakarta.

Pada kegiatan tersebut, ketiga dosen IST AKPRIND memberikan materi yang berbeda-beda antara lain Teknik Pengukuran Tegangan dan arus Baterai Sepeda Motor oleh Sigit Priyambodo, S.T., M.T., Penggunaan sensor Hall-Effect sebagai Media Pengukuran Nominal Arus Pengisian Baterai Sepeda Motor oleh M Andang Novianta, S.T., M.T. serta Pemanfaatan Android sebagai Media Inovasi Pengembangan Alat Ukur Kelistrikan sepeda Motor oleh Benny Firman, S.T., M.Eng.

Danang Priyo Kumoro selaku Tech Service Training Coordinator Astra Motor Honda, Yogyakarta sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan yang bekerjasama dengan IST AKPRIND tersebut. Pihaknya berharap kerjasama antara dunia usaha/dunia industri dengan perguruan tinggi semakin sering dilaksanakan seiring dengan semakin cepat berkembangnya dunia teknologi. (tdj)