Dosen IST AKPRIND Berikan Pelatihan Manajemen Website bagi Guru & Staf SMK Negeri 2 Magelang

0
33

Sebagai upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan keterampilan di bidang Teknologi Informasi dan komunikasi, SMK Negeri 2 Magelang menggandeng IST AKPRIND Yogyakarta dalam penyelenggaraan pelatihan Manajemen Web, Senin – Kamis (27-30/7). Kegiatan yang berlangsung selama empat hari tersebut diselenggarakan di SMK Negeri 2 Magelang.

Pada pelatihan yang bertajuk Skanida Website Life Skill tersebut, IST AKPRIND menerjunkan empat dosen dan satu mahasiswa agar pelatihan benar-benar maksimal dan memberikan pencerahan bagi para dosen dan staf SMK Negeri 2 Magelang. Mohammad Sholeh S.T., M.T., Erfanti Fatkhiyah, S.T., M.Cs., Uning Lestari, S.T., M.Kom dan Joko Triyono, S.Kom., M.Cs serta dibantu Daniel Sedik, mahasiswa jurusan Teknik Informatika. Pelatihan berlangsung selama empat hari dengan pemberian materi umu maupun materi yang spesifik. Materi yang diberikan antara lain pengenalan website baik website statis maupun dinamis serta pengembangannya yang disampaikan oleh Muhammad Soleh S.T., M.T. Sementara Joko Triyono, S.Kom., M.Cs menyampaikan materi tentang manajemen page, content management, menu, theme management, comment management, user management maupun konfigurasi. Sedangkan Uning Lestasri, S.T., M.Kom dan Erfanti Fatkhiyah, S.Kom., M.Cs memberikan materi tentang plugin management,widget management, serta manajemen post.

Menurut Kepala SMK Negeri 2 Magelang, Mila Yustiana, S.Pd., M.M.Par, pelatihan manajemen web yang diselenggarakan oleh SMK Negeri 2 Magelang diikuti oleh guru dan staf sekolah Pelatihan tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan keterampilan di bidang Teknologi Informasi dan komunikasi. Semantara bagi Erfanti Fatkhiyah, S.Kom., M.Cs., Ketua Jurusan Teknik Informatika IST AKPRIND yang juga menjadi instruktur dalam pelatihan tersebut meyebut bahwa pelatihan seperti ini merupakan salah satu tugas IST AKPRIND dalam pelaksanaan tridharma Perguruan Tinggi. Pihaknya mengaku siap jika terdapat sekolah lain yang ingin menjalin kerjasama atau menggunakan jasa dosen IST AKPRIND dalam pelatihan-pelatihan peningkatan keterampilan baik bagi guru, dosen maupun siswanya. (tdj)