Ditjen Kelembagaan Kemenristekdikti dan Ditjen Imigrasi Kunjungi IST AKPRIND

0
33

Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi, mengadakan kunjungan serta evaluasi penanganan mahasiswa asing di IST AKPRIND Yogyakarta, Senin (11/3). Kunjungan tersebut dipimpin oleh Kasi Kerjasama Luar Negeri Ditjen Kelembagaan Kemristekdikti Adhrial Refaddin, SIP, MPP. Turut menyertai pada kesempatan tersebut  staffperwakilan dari Badan Intelijen Neagara (BIN), kementerian Luar Negeri, Baintelkam POLRI, Kemensetneg, serta Ditjen Imigrasi, dengan jumlah rombongan 11 orang.

Rombongan diterima oleh Rektor IST AKPRIND, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T, Wakil Rektor Bidang Akademik, Drs. Yudi Setyawan, M.S.,M.Sc., Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Ir. Joko Waluyo, M.T., Kepala Bidang Kerjasama dan Urusan Internasional, dr. Muchlis, SP., M.Sc serta S. Adri, SW selalu pengelola layanan ijin belajar mahasiswa asing di IST AKPRIND. Menurut Adhrial Reffadin, kunjungan tersebut merupakan salah satu upaya dari kemenristekdikti, kepolisian dan Ditjen Imigrasi untuk meningkatkan kualitas layanan penerbitan Izin Belajar bagi Mahasiswa Asing di Indonesia. Sehingga pengawasan dan evaluasi tata kelola layanan di masing-masing perguruan tinggi yang memiliki mahasiswa dari luar negeri mutlak dilakukan.

Sementara saat ini tercatat lebih dari 50 mahasiswa asing menempuh pendidikan di IST AKPRIND Yogyakarta. IST AKPRIND memang memiliki daya tarik tersendiri bagi beberapa negara di sekitar Indonesia. Keberadaan mahasiswa asing di IST AKPRIND mampu mendongkrak citra IST AKPRIND di mata internasional. Namun disisi lain, permasalahan terkait dengan imigrasi sering menjadi persoalan tersendiri. IST AKPRIND senantiasa berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan layanan yang terbaik bagi mahasiswa asing baik dari sisi perijinan, keimigrasisn dan tentu saja terkait dengan pendidikan yang diberikan. (tdj)