Dies Natalis ke-49 IST AKPRIND Yogyakarta

0
332

Pada era industri 4.0 hampir semua aspek kehidupan akan bergantung pada teknologi, khususnya machine learning, Artificial Intelligence, dan robot. Sebuah era baru industri yang biasa disebut dengan data technology.Sehingga pemerintah melalui Kemendikbud memulai revolusi pendidikan sejak tahun 2019 dengan mengusungkonsep merdeka belajar di semua aspek pendidikan formal, demikian disampaikan Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom melalui sambutan tertulisnya dalam rangkan peringatan Dies Natalis ke-49 IST AKPRIND Yogyakarta, hari ini Rabu (12/5).

Melalui sambutan yang sampaikan secara virtual tersebut, Rektor menambahkan bahwa Perguruan Tinggi saat ini dan ke depan dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif, agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal dan selalu relevan. Kebijakan MBKM (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka) yang merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi secara otonom dan fleksibel, sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan tersebut. Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta sebagai sebuah perguruan tinggi yang memiliki visi “Menjadi Perguruan Tinggi yang unggul di bidang sains dan teknologi dengan reputasi internasional” selalu berusaha untuk memberikan pendidikan yang mengedepankan penguasaan pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan bangsa dan Negara. Melalui penciptaan lingkungan belajar yang kondusif dan pembelajaran yang baik, akan menciptakan inovasi-inovasi teknologi dan berbagai program kreativitas mahasiswa, ungkap Rektor.

Pandemi Covid-19 telah membuat hampir seluruh lapisan masyarakat melakukan banyak hal untuk bertahan, termasuk IST AKPRIND dimana beban dan tantangan dalam pengelolaan perguruan tinggi semakin berat. Pandemi Covid-19 berdampak pada hampir semua tahapan siklus hidup mahasiswa, mulai dari pemasaran, admisi mahasiswa baru, pembelajaran, serta aktivitas akademik lainnya. Namun IST AKPRIND optimis, namun tantangan-tantangan tersebut akan dapat dihadapi dengan baik, selama IST AKPRIND secara terus menerus melakukan perubahan menuju peningkatan efisiensi, efektivitas dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi untuk terwujudnya visi, misi dan tujuan IST AKPRIND.

Dirgahayu 49 tahun IST AKPRIND Yogyakarta

(tdj)

Download Sambutan Dies Natalis ke-49 IST AKPRIND (.jpg)

Download Sambutan Dies Natalis ke-49 IST AKPRIND (.mp4)