Sabtu 12 Mei 2018 hari ini, IST AKPRIND Yogyakarta genap berusia 46 Tahun. Sebagai perguruan tinggi yang berkonsentrasi pada bidang Sains dan Teknologi, IST AKPRIND memiliki tantangan yang semakin besar. Peringatan Dies Natalis ke 46 ini mengangkat tema “Dengan Dies Natalis Ke-46 IST AKPRIND Kita Tingkatkan Sinergi Dan Kolaborasi Menuju IST AKPRIND Favorit Dan Unggul” selaras dengan visi, misi dan tujuan Perguruan Tinggi ini. Sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan dengan 9 program studi S1 dan 4 program studi D3, IST AKPRIND senantiasa melakukan evaluasi kegiatannya yang berhubungan dengan kurikulum, pembelajaran, suasana akademik, penjaminan mutu, dan masih banyak hal lagi demi peningkatan efektivitas, efisiensi dan akuntabilitas. Beratnya tantangan yang harus dihadapi oleh perguruan tinggi swasta hanya akan dapat dihadapi jika IST AKPRIND secara konsisten melakukan perubahan dan perbaikan sistem kinerjanya.

Sebagai sebuah perguruan tinggi yang memiliki visi untuk mewujudkan “Institut yang favorit dan unggul di bidang sains & teknologi secara nasional”, IST AKPRIND selalu berusaha untuk memberikan pendidikan yang mengedepankan penguasaan pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan bangsa dan negara. Salah satu tujuan IST AKPRIND Yogyakarta adalah mencetak sarjana dan ahli madya sains dan teknologi yang berjiwa entrepreneur (kewirausahaan) dan memiliki karakter disiplin, jujur, bermoral dan kompeten dibidangnya.

Nilai akreditasi baik institusi maupun program studi menunjukkan seluruhnya terakreditasi B. Berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan peringkat akreditasi, antara lain melalui peningkatan sarana dan prasarana perkuliahan serta peningkatan kualitas dosen melalui studi lanjut (pada saat ini telah mempunyai 13 orang Doktor baik dari dalam maupun luar negeri, dan 8 orang sedang menempuh studi doktoral). IST AKPRIND Yogyakarta menduduki peringkat ke 96 berdasarkan peringkat Kemenristekdikti (Agustus 2017), dimana meningkat secara signifikan dari peringkat ke 287 pada tahun 2016. Peringkat IST AKPRIND Yogyakarta harus ditingkatkan lebih baik lagi ditengah persaingan yang sangat ketat antar PT.

IST AKPRIND terus meningkatkan sarana dan fasilitas dalam upaya meningkatkan prestasi mahasiswanya baik dalam bidang akademik dan non akademik (penalaran, minat bakat, olahraga dan seni). Selama kurun waktu 3 tahun terakhir, IST AKPRIND turut berpartisipasi dalam ajang: International Conference on Geology and Geoscience, Program Kreativitas Mahasiswa Kemenristekdikti, Essay Archipelago Competition, Lomba Debat “Energi”, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, Program Hibah Bina Desa, BUMI Geology Competition, Lomba Inovasi Teknologi Mahasiswa DIY, International Geomapping Competition, Lomba Lintas Alam Resimen Mahasiswa, Kompetisi Muatan Roket Indonesia – Kompetisi Muatan Balon Atmosfir, Festival Band Kampus, Kontes Robot Indonesia, Lomba Shell Eco-Marathon Asia, Kejurnas Kreativitas Aeromodelling, Grand Prix Marching Band, Thailand World Music Competition, Kejuaran Pencak Silat Merpati Putih, Ekspedisi Gunung Argopuro dan Tebing Parang, Lomba Kontes Mobil Hemat Energi, Kejuaraan Aeromodelling Porda DIY, Bakti sosial di Gunung Merbabu, Liga Aeromodelling Pati, STTA Aero Competition, Kejuaraan Aeromodelling Surakarta, Kejuaraan Tarung Derajat Walikota Cup Surabaya, Kejurda Jawa Tengah Piala DANPOMDAM VI Jepara, Olimpiade Matematika, dan OGENAS.

Meskipun upaya untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa telah menampakkan banyak kemajuan, namun IST AKPRIND juga menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dan tantangan yang harus dihadapi. Oleh karena itu, IST AKPRIND terus bekerja keras untuk menempa diri dalam rangka peningkatan mutu dan proses pembelajaran melalui berbagai terobosan kebijakan. Dengan dosen dan pegawai IST AKPRIND yang berbakat dan mau bekerja keras, serta para mahasiswa yang memiliki semangat tinggi untuk belajar. Jika dilihat dari beberapa indikator yang menunjukkan trend positif, harapan untuk mewujudkan IST AKPRIND yang favorit dan unggul secara nasional bukan mustahil untuk segera terwujud. (tdj/ist)