Daftar Kuliah di IST AKPRIND, dapat Melalui Laman Jogjaversitas.id

0
87

Untuk mempermudah bagi lulusan SMA/SMK/MA yang ingin berkuliah di Yogyakarta, IST AKPRIND dan puluhan Prguruan Tinggi lainnya yang tergabung Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Seluruh Indonesia (Aptisi) Wilayah V Yogyakarta menggelar model penerimaan mahasiswa baru bersama.

Ketua Aptisi DIY, Prof.Fathul Wahid menyampaikan, penerimaan mahasiswa baru bersama merupakan respon Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Aptisi wilayah V terhadap dampak pandemi Covid 19. Perguruan tinggi menyelenggarakan promosi bersama serta seleksi penerimaan mahasiswa baru secara kolektif melalui laman Jogjaversitas.id. Namun walaupun seleksi penerimaan mahaiswa baru diselenggarakan secara kolektif, verifikasi masing-masing calon mahasiswa baru yang telah dinyatakan diterima tetap menjadi tanggungjawab perguruan tinggi masing-masing. Beberapa kemudahan yang diperoleh jika mendaftar melalui laman Jogjaversitas.id, calaon mahasiswa baru cukup mengisikan nilai rapor pada laman tersebut, kemudian akan diseleksi dengan melihat nilai minimal dari program studi yang dipilih. Selain itu, calon mahasiswa baru dapat memilih tiga Program Studi lintas Perguruan Tinggi.
Jika calon mahasiswa tidak diterima pada semua program studi yang telah dipilih, maka akan direkomendasikan yang sesuai dengan nilai rapornya. Hal tersebut untuk mengurangi calon mahasiswa yang tidak diterima. Sementara, jika calon mahasiswa sudah memenuhi syarat nilai minimal dari prodi yang dituju, maka akan dinyatakan diterima bersyarat. Bersyarat dalam hal ini berarti tahapan selanjutnya mengikuti proses pada masing-masing Perguruan Tinggi. Calon mahasiswa memiliki waktu 7 hari setelah dinyatakan diterima bersyarat untuk melapor pada Perguruan Tinggi yang menerima.

Wakil Rektor Bidang akademik IST AKPRIND Yogyakarta, Drs. Yudi Setyawan, MS., M.Sc, menyambut positif apa yang diinisiasi oleh Aptisi Wilayah V Yogyakarta tersebut. Sebab Selain dapat melakukan promosi dan seleksi mahasiswa secara mandiri, IST AKPRIND juga mendapat kemudahan dalam berpromosi maupun seleksi secara bersama Perguruan Tinggi di Yogyakarta lainnya. Harapannya, minat lulusan SMA/SMK/MA dari berbagai daerah di Indonesia untuk berkulian di Yogyakarta semakin tinggi dengan adanya Jogjaversitas.id tersebut. (tdj)