“Creative Industries Competition 2018”

0
18

Jurusan Teknik Industri bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) menyelenggarakan kegiatan Creative Industries Competition 2018 Tingkat SMA/K sederajat yang ada di D.I Yogyakarta dan Jawa Tengah pada tanggal 27 April 2018 pada hari Jumat pukul  08.00 – 15.30 WIB di Auditorium IST AKPRIND Yogyakarta.

Penyerahan hadiah CIC 2018 tingkat SMA-SMK Sederajat Jurusan Teknik Industri

Creative Industries Competition (CIC)  sendiri merupakan sebuah kompetisi yang fokus pada pembuatan atau pengembangan alat inovatif dibidang industri berbasis desain produk. Berdasarkan hasil seleksi, didapatkan 5 SMA/SMK yang lolos untuk melakukan presentasi alat atau produk di hadapan tim juri yakni Dr.Ir.Hj. Titin Isna Oesman, MM , Ir.Joko Susetyo, M.T. dan Endang Widuri Asih, S.T.,M.T. yang juga merupakan dosen dari Jurusan Teknik Industri IST AKPRIND Yogyakarta.

Penyerahan hadiah CIC 2018 tingkat SMA-SMK Sederajat Jurusan Teknik Industri
Presentasi alat CIC 2018- Jurusan Teknik Industri IST AKPRIND Yogyakarta
Presentasi alat CIC 2018- Jurusan Teknik Industri IST AKPRIND Yogyakarta

Hasil yang diperoleh dari penjurian tidak berbeda jauh akan tetapi dengan banyak pertimbangan tim juri bisa menentukan siapa yang berhak menjadi juara 1 kompetisi CIC 2018. Finalis yang memiliki inovasi dan kreatifitas paling tinggi dan memperoleh  juara 1 adalah SMK NEGERI 1 SEYEGAN yaitu membuat Bluetooth Controller dan Lampu Hemat Energi, mendapatkan piala rektor + uang tunai sejumlah Rp 2.000.000,- . Juara 2 dari SMA NEGERI 1 MINGGIR membuat  Scorpion Cleaner Electric mendapatkan piala dekan dan uang sejumlah Rp 1.500.000,-. Juara 3 dari SMA NEGERI 1 BANYUMAS membuat Alat Pengupas Kulit Rambutan Sederhana dan mendapatkan hadiah berupa piala jurusan dan uang sejumlah Rp 1.000.000,-. Kemudian Juara Favorit dari SMK Negeri 2 Cilacap membuat Wonder mendapatkan uang sejumlah Rp 750.000,-. Dan Juara Harapan dari SMK N TEMBARAK membuat ANDRO DHT mendapatkan uang pembinaan.

kreatifitas dan inovasi dalam perancangan dan pengembangan produk CIC 2018 - Jurusan teknik Industri IST AKPRIND Yogyakarta
kreatifitas dan inovasi dalam perancangan dan pengembangan produk CIC 2018 – Jurusan teknik Industri IST AKPRIND Yogyakarta

Erwin Wicaksono (Ketua Panitia kegiatan CIC 2018)mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai wadah ide pemikiran dan kreatifitas bagi adik-adik SMA/SMK sederajat. CIC pada dasarnya merupakan lomba kreatif dan inovatif untuk sebuah alat tepat guna yang diharappkan bisa membantu memajukan perindustrian di Indonesia.

Menurut penuturan Endang Widuri Asih, S.T.,M.T. selaku Ketua Jurusan Teknik Industri dan juga juri di kegiatan ini, diharapkan anak-anak muda bisa mempunyai daya kreatifitas dan inovasi dalam perancangan produk, pengembangan produk terkait tools atau alat yang digunakan dalam bidang teknik industri baik alat tepat guna ataupun alat yang digunakan langsung di dalam pabrik.

Pengumuman pemenang CIC 2018 Ir Joko Susetyo MT - Jurusan Teknik Industri 2018
Pengumuman pemenang CIC 2018 Ir Joko Susetyo MT – Jurusan Teknik Industri 2018

Ir.Joko Susetyo, M.T. yang merupakan tim juri CIC menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan hal yang sangat positif baik untuk siswa/peserta kompetisi maupun bagi IST AKPRIND Yogyakarta. Siswa atau peserta bisa menjadikan kompetisi ini sebagai ajang unjuk gigi terkait bakat dan inovasi design produk.

Dari wawancara narasumber diatas, dari kegiatan CIC tersebut diharapkan kegiatan ini dapat diselenggarakan setiap tahun sebagai agenda tahunan Jurusan Teknik Industri dan HMTI di IST AKPRIND Yogyakarta. (Ens)

 

 

 

sumber