Catur Iswahyudi, S.Kom., S.E., M.Cs., MTA., Wakil Rektor II IST AKPRIND masa bakti 2021-2025

0
705

Dosen muda dengan penampilan flamboyan ini memang memiliki penampilan berbeda dengan dosen pada umumnya. Penampilannya cenderung terlihat lebih rapi dan necis di sebuah Perguruan Tinggi sains & teknologi nampak berbeda dibandingkan sebagian besar dosen yang ada. Catur Iswahyudi, S.Kom., S.E., M.Cs., MTA., adalah nama lengkap Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan Sistem Informasi masa bakti 2021-2025. Sosok peraih penghargaan Karyawan Teladan IST AKPRIND tahun 1998 ini dilantik oleh Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom, Rabu (10/3) menggantikan posisi seniornya di Jurusan Informatika, Muhammad Sholeh, S.T., M.T., yang telah habis masa jabatannya.

Bergabung dengan IST AKPRIND sejak tahun 1993, suami dari Evi Susana ini tidak pernah terlepas dari dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi. Catur Iswahyudi mengawali karir sebagai Programmer di Pusat Komputer IST AKPRIND Yogyakarta. Setelah tigabelas tahun bekerja dimana delapan tahun diantaranya dihabiskan sebagai programmer di Pusat Komputer, pemilik gelar Sarjana Komputer dan Sarjana Ekonomi ini kemudian diangkat menjadi Kepala Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI). Pada tahun 2012 Catur Iswahyudi menduduki jabatan Kepala Pusat Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi (P3SI) dan setahun kemudiaan menjadi Kepala Badan Perencanaan, Pengembangan, dan Pelayanan Sistem Informasi seiring dengan peningkatan unit kerjanya dari Pusat menjadi Badan.

Catur Iswahyudi merupakan alumni Jurusan Teknik Informatika IST AKPRIND Yogyakarta. Lahir di Kudus, Juni 48 tahun silam, Sekretaris Senat Akademik IST AKPRIND ini menyelesaikan dua program sarjana sekaligus. Selain menjadi lulusan Sarjana pada Teknik Informatika, Catur Iswahyudi juga menuntaskan kuliah pada jurusan Ekonomi – Manajemen di Universitas Terbuka. Sementara gelar Magisternya diperoleh dari jurusan Ilmu Komputer FMIPA Universitas Gadjah Mada. Selain menjadi dosen di IST AKPRIND, beberapa jabatan yang saat ini diembannya antara lain Station Manager PT. Radio Istakalisa 96.2 FM, serta Direktur Administrasi dan Keuangan Dana Pensiun Pembina Potensi Pembangunan. Sejumlah organisasi profesi atau organisasi ilmiah juga juga diikutinya, seperti Masyarakat Komputasi Indonesia (MKI), Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII), Association for Information Systems Indonesia Chapter (AISINDO) serta Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI). Selain itu, beberapa sertifikasi juga telah diikutinya, antara lain Sertifikasi Manajemen Umum Dana Pensiun, Sertifikasi Manajemen Resiko Dana Pensiun, Analisa Investasi dan Portofolio, Sertifikasi Network Administrator (BNSP), Sertifikasi Pengelolaan Layanan TI (BNSP), Sertifikasi Pengelolaan Keamanan Jaringan (BNSP) juga Networking Fundamentals dari Microsoft Technology Associate. (tdj)