Bersama Bank Jateng, Prodi Bisnis Digital Adakan Pelatihan Simulasi Interaktif Micro Business Game

0
77

Kegiatan perkuliahan di IST AKPRIND telah diselenggarakan secara luring. Mahasiswa dan juga para dosen menyambut peraturan yang sudah berjalan selama beberapa pekan ini dengan begitu antusias. Untuk menambah semangat belajar mahasiswa, para dosen menyiapkan berbagai macam program belajar menarik seperti praktek, magang, KKN, dan juga kuliah tamu yang tadinya sempat tertunda di masa pandemi.

Kamis, 9 Juni 2022 lalu, Program Studi Bisnis Digital IST AKPRIND menyelenggarakan kuliah tamu bertajuk Pelatihan Simulasi Keuangan Bersama Bank Jateng. Kuliah tamu dengan tema  Micro Business Game (MBG) ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan literasi keuangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bagi mahasiswa IST AKPRIND. Acara ini berlangsung selama dua hari yakni pada 09 – 10 Juni 2022 di Ruang Sidang Utama IST AKPRIND. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor IST AKPRIND Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom. Turut hadir pada kesempatan tersebut Adhi Subroto Kepala Cabang Bank Jateng Yogyakarta,  Bangkit Joko Pamungkas pemateri utama kegiatan kuliah umum, Ketua Jurusan Bisnis Digital Maria Regina Nansi S.Si., M.B.A., serta jajaran dosen program studi Bisnis Digital

Pada kegiatan ini mahasiswa tak hanya diberikan pemahaman mengenai ilmu ekonomi dan akuntansi, tapi juga diberikan kesempatan untuk mempraktikkan langsung bagaimana menyusun dan menerapkan strategi marketing dan menghadapi berbagai masalah yang menerpa bisnis yang tengah dibangun. Semua kegiatan ini dikemas dalam game yang menarik, sehingga mahasiswa merasa antusias. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang akan memulai atau bahkan sudah membangun bisnisnya sendiri.

“Dengan diadakannya pelatihan ini, saya berharap para mahasiswa tak hanya tahu paham materi saja, tapi juga punya gambaran seperti apa dunia bisnis sebenarnya. Bisnis bukan hanya sekedar kegiatan jual-beli, tapi juga tentang bagaimana strategi yang tepat untuk menghadapi kompetitor, strategi marketing yang tepat, serta solusi yag tepat untuk mengahadapi permasalahan yang akan timbul selama berbisnis, sehingga siap akan segala hal yang akan terjadi nanti,” pungkas Bangkit dalam sesi pelatihan MBG. (humas)