Belasan Mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta Ikuti Pertukaran Mahasiswa Nasional 2021

0
199

Belasan mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta mengikuti kegiatan Pertukaran Mahasiswa Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanagara (8/11-2/12). Kegiatan ini setidaknya diikuti oleh lebih dari 400 mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi negeri maupun swasta dari seluruh Indonesia. Masih sama dengan penyelenggaraan pada tahun sebelumnya, penyelenggaraan tahun ini juga dilaksanakan secara daring guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Ini merupakan keikutsertaan yang kedua bagi mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta pada kegiatan Pertukaran Mahasiswa Nasional yang dihelat oleh Universitas Tarumanagara. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemdikbudristek, sekaligus implementasi dari kerja sama yang terjalin oleh dua institusi. Mahasiswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ini di antaranya berasal dari Prodi Bisnis Digital, Teknik Mesin, Statistika, Teknik Kimia, dan Teknik Industri. Pada kegiatan ini, IST AKPRIND menduduki posisi ketiga jumlah partisipan terbanyak.

Mengusung tema “Level Up Your Business,” Pertukaran Mahasiswa Nasional tahun 2021 mengajak mahasiswa untuk belajar lebih jauh mengenai dunia wirausaha. Beberapa materi yang disajikan pada kegiatan ini di antaranya UMKM Naik Kelas, Pentingnya Kolaborasi bagi UMKM, Strategi Pemasaran Digital bagi UMKM, Aspek Legalitas bagi UMKM, Strategi Mendapatkan Pendanaan bagi UMKM, serta Globalisasi Usaha bagi UMKM. Melalui kegiatan ini diharapkan terjalin interaksi antara dosen, mahasiswa, dan pelaku usaha sehingga dapat berjejaring. Tak hanya itu, melalui kolaborasi ini diharapkan bisa melahirkan banyak entrepeneur muda yang akan membuka lapangan pekerjaan baru di Indonesia. (rsw)