Bangga! Hawari Al Robbani Satu-Satunya Mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta Lolos Program Pejuang Muda Kemensos RI 2021

0
160

Yogyakarta – Hawari Al Robbani satu-satunya mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta dari Jurusan Teknik Industri yang lolos Program Pejuang Muda dari Kementerian Sosial Republik Indonesia Tahun 2021.

Pejuang Muda adalah laboratorium sosial bagi para mahasiswa mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya untuk memberi dampak sosial secara konkret. Melalui program setara 20-22 SKS ini, mahasiswa akan ditantang untuk belajar dari warga sekaligus berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah, pemuka masayarakat, tokoh agama setempat serta seluruh stakeholder penggerak sosial di daerah.

Kategori Program akan berfokus pada beberapa kategori antara lain:

  1. Pengembangan Program Bantuan Sosial
  2. Pemberdayaan Fakir Miskin dan Lansia
  3. Pola Hidup Sehat dan Kesehatan Lingkungan
  4. Fasilitas untuk kepentingan umum

Tema yang Hawari ambil  yaitu pengembangan program bantuan sosial dimana membahas tentang membantu masyarakat untuk mandiri berwirausaha.

Berkas yang disiapkan Hawari untuk tahapan seleksi antara lain transkrip nilai, Curriculum Vitae, Portofolio, dan Essay. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui www.pejuangmuda.kemsos.go.id

Program Pejuang Muda dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan November 2021 – Januari 2022 melalui kegiatan offline dan juga online. Tahapan awal, para pejuang muda ini akan diberikan pembekalan selama 10 hari secara daring. Dan akan terjun langsung ke lapangan di 514 Kabupaten dan dipilih sesuai dengan kebutuhan per daerah. Di 1 Kabupaten akan ditempatkan 2 tim dimana per tim akan diisi oleh 5 orang dan di damping 1-2 mentor setiap tim.

Motivasi Hawari mengikuti Pejuang Muda yaitu

  • Sebagai kewajiban mahasiswa melakukan Tridharma
  • Menerapkan teknik dan ilmu yang di IST AKPRIND Yogyakarta untuk memecahkan permasalahan di masyarakat
  • Membawa nama baik IST AKPRIND Yogyakarta dan ikut berkontribusi dan perduli pada permasalahan yang ada di masyarakat. (Ens)

Sumber