Bambang Kusmartono, S.T, M.T, jabat Ketua Umum DPP IARMI DIY

0
19

Bambang Kusmartono, S.T, M.T, dosen jurusan Teknik Kimia IST AKPRIND Yogyakarta menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Propinsi (DPP) Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) DIY periode 2018-2022, setelah dilantik secara resmi oleh Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) IARMI yang juga menjabat sebagai ketua MPR RI, Dr. (HC), H. Zulkifli Hasan, SE,MM. di Auditorium IST AKPRIND, Sabtu (27/10).

Sosok yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua I IARMI DIY ini merupakan Pembina Menwa IST AKPRIND sejak tahun 1990. Selain bertugas sebagai dosen jurusan teknik Kimia, Bambang Kusmartono sehari-hari juga menjabat sebagai kepala UPT Pengembangan, Promosi dan Penjaringan Mahasiswa Baru (P3MB). Bambang Kusmartono aktif dalam kegiatan Resimen Mahasiswa (Menwa) sejak menjadi bagian dari Yudha III Satmenwa Batalyon V IST AKPRIND pada tahun 1980. Pendidikan dan Pelatihan dasar Menwa diikutinya diĀ  Puslatpur Kodam VII Diponegoro Klaten 1980. 3 tahun kemudian atau tepatnya pada tahun 1983 mengikuti kursus Kader pelaksana (Suskalak) Menwa di Rindam VII Diponegoro Magelang 1983. Pada tahun 1984 Bambang Kusmartono tergabung dalam Satgas Dharmabhakti III Timor Timur dari Pusat Cadangan Nasional yang ditugaskan di Kecamatan Balibo, Kabupaten Maliana, Timor Timur.

IARMI dibentuk dan dideklarasikan pada tanggal 28 Oktober 1980 di Yogyakarta. IARMI dibentuk untuk memperkuat sumberdaya potensi Alumni Menwa sebagai kader bangsa dan negara, sekaligus sebagai komponen rakyat terlatih dan komponen cadangan nasional dalam kerangka penyempurnaan pengabdian kepada bangsa dan negara. Selain itu juga sebagai sarana penggerak dan penumbuh kesadaran bagi penguatan kedaulatan bangsa, kesetiakawanan sosial nasional, menjunjung tinggi kejujuran serta berkepribadian Indonesia dengan mengedepankan nilai Kemanusiaan yang adil dan beradab, berdasarkan Ke-Tuhanan Yang Maha Esa. (tdj)