Audiensi IST AKPRIND dengan Bupati Gunung Kidul dalam Rangka Monev Tim PPDM Gunung Ireng

0
141

Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., bersama rombongan pada hari Kamis, 23 September 2021 melakukan audiensi ke Rumah Dinas Bupati Gunung Kidul, D.I.Y yang disambut dengan baik oleh Bupati Gunung Kidul, H. Sunaryanta.

Pada kunjungan kehormatan ini, Rektor IST AKPRIND didampingi oleh Wakil Rektor II Catur Iswahyudi, S.Kom., S.E., M.Cs., M.T.A, Wakil Rektor III  Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom. dan Kepala LPPM Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.T., Kapus Penelitian Dr. A.A. Putu Susastriawan, S.T., M.Tech., Kapus Abdimas Beny Firman, S.T., M.Eng. serta Tim PPDM Dikti Gunung Ireng Dr. Sri Mulyaningsih, S.T., M.T., Dina Tania, S.T., M.T., Nur Widi Astanto A.T.H., S.T., M.T. dan Ir. Suhartono, M.T.

Turut hadir mendampingi Bupati Gunung Kidul yakni Asisten Perekonomian dan Pembangunan Siti Isnaini Dekoningrum Nurhandayani, S.H. dan Kepala Bappeda Sri Suhartanta, S. IP,  M. Si. serta Kabid Penelitian, Pengembangan dan Pengendalian Rismiyadi, SP., M.Si.

Bupati Gunung Kidul, H. Sunaryanta, dalam sambutan mengucapkan selamat datang dan menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas pendampingan dan dedikasi serta kepedulian yang telah dilakukan oleh Tim PPDM IST AKPRIND terhadap Pengembangan Geowisata Gunungapi Purba Gunung Ireng hingga ditetapkan menjadi Geoheritage (Warisan Geologi) dan KCAG (Kawasan Cagar Alam Geologi). Ke depan beliau berharap selain Gunung Ireng dapat menjadi destinasi unggulan pariwisata bertaraf internasional, kerjasama dengan IST AKPRIND dapat dilanjutkan pada bidang lain di tengah perencanaan detail tata ruang di Kapenewon Patuk, Gunung Kidul.

Pada kesempatan yang sama, Rektor IST AKPRIND menyambut baik apresiasi Bupati Gunung Kidul dengan mendukung sisi potensi dan sisi permasalahan di Gunung Kidul yang akan disinergikan dengan program di Institut dan sumber daya yang tersedia. Suistaianable kerjasama dengan Pengkok dilanjutkan oleh tim lain di Institut dalam bentuk pengelolaan web gunungireng.com guna peningkatan kualitas SDM dan promosi geowisata serta pembangunan kincir angin di puncak Gunung Ireng dalam waktu dekat yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga di Pengkok.

Lebih lanjut, Siti Isnaini Dekoningrum Nurhandayani, S.H., selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Gunung Kidul, berharap pengembangan riset dan pendampingan yang dilakukan oleh Tim IST AKPRIND dapat dilanjutkan ke bagian utara Gunung Kidul yang selaras dengan program wisata perairan dan perikanan di kawasan rest area. Penuturan terkait disampaikan pula oleh Kepala Bappeda, Sri Suhartanta, S. IP, M. Si., bahwa Bappeda menyambut dengan tangan terbuka kegiatan KKN di Gunung Kidul guna pengembangan kemampuan bersosial mahasiswa yang akan memberikan energi positif bagi daerah dan sepenuhnya berharap keberlanjutan pendampingan Gunung Ireng hingga menjadi destinasi pariwisata yang bertaraf internasional. Hal senada diungkapkan pula oleh Kabid Penelitian, Pengembangan dan Pengendalian, Rismiyadi, SP., M.Si., yang mengharapkan adanya pemetaan bersama antara Bappeda dengan Institut terkait pengembangan wisata di wilayah utara Gunung Kidul.

Gayung bersambut pun atas gagasan jajaran Pejabat Gunung Kidul disambut antusias oleh Wakil Rektor III  Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom., bahwa akan mengagendakan kembali kegiatan KKN kemahasiswaan baik dalam bentuk KKN maupun program kewirausahaan  bagi desa-desa di Gunung Kidul. Kepala LPPM, Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.T., pun menegaskan bahwa ke depan pembangunan kincir angin di Gunung Ireng merupakan keberlanjutan dari kegiatan serupa yang telah dilakukan di Pantai Sepanjang, Wonosari. Pungkasnya, Ketua Tim PPDM Gunung Ireng, Dr. Sri Mulyaningsih, S.T. M.T., mengharapkan dua hal yakni sertifikasi bagi para pemandu geowisata di Gunung Ireng dan kerjasama dengan PUPR dapat segera terlaksana terkait pembangunan kantor di Gunung Ireng dan pengelolaan jalan menuju Gunung Ireng guna mendukung pengembangan geowisata gunungapi purba Gunung Ireng. (DT)