Akprind University Tandatangani MoU dengan Polda DIY, Aktifkan Satmabhara dan Jaga Kenyamanan serta Ketertiban Seputar Kampus

0
72

Universitas AKPRIND Indonesia (Akprind University) mendapat kunjungan dari Direktorat Pembinaan Masyarakat Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Dit Binmas Polda DIY) Kombes Pol. Tartono., S.H., M.B.A., didampingi Kasubditbintibsos Ditbinmas Polda DIY, AKBP Tri Novi Purwaningrum, S.E., M.A., serta tim. Kunjungan ini merupakan kegiatan dalam agenda penandatanganan MoU antara Akprind University dan POLDA DIY yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pimpinan Kampus I, Kamis (13/6).

Pada acara tersebut hadir Rektor Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., Wakil Rektor I Prof. Dr. Anak Agung Putu Susastriawan, S.T., M.Tech., Wakil Rektor III Dr. Samuel Kristiyana, S.T., M.T., dan Pembina UKM Satmabhara Sigit Priyambodo, S.T., M.T., serta Komandan Satuan Keamanan, Ketertiban, dan Keselamatan Kampus (SK4) Pumomo Suryantoro.

Dalam sambutannya, Edhy menyampaikan bahwa di Akprind University memiliki cukup banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), salah satunya Satuan Mahasiswa Bhayangkara (Satmabhara). Namun sejak pandemi Covid-19, UKM tersebut belum pulih. “Ceritanya ketika pandemi covid kemarin, para mahasiswa pulang ke kampung halamannya, sehingga anggotanya terus berkurang. Tahun ini akna kita bangkitkan kembali, karena keberadaan UKM ini sangat penting, terutama dalam membentuk jiwa nasionalisme dan cinta tanah air” ujarnya.

Selain itu, Edhy menambahkan bahwa Akprind University juga telah menjalin komunikasi dan bekerja sama dengan beberapa mitra di wilayah Kemantren Gondokusuman, bahkan telah sering berkegiatan bersama-sama. Di sekitar Akprind University, terdapat beberapa kampus, sekolah menengah kejuruan, sekolah dasar, dan beberapa lembaga yang bisa diajak berkegiatan bersama-sama. “Kami ingin mencoba bahwa Kawasan segitiga Balapan, Gondokusuman menjadi tempat yang tertib dan nyaman untuk studi dan berkegiatan, dan kita sudah coba beberapa kali kegiatan bersama dan hasilnya sangat bagus untuk saling menguatkan antar instansi yang ada di seputaran Balapan,” katanya.

Edhy juga berharap, dengan adanya penandatanganan MoU dengan Dit Binmas Polda DIY, Satmabhara Akprind University bisa aktif kembali dan dapat turut serta dalam berbagai kegiatan guna memelihara kondisi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan kampus, seputaran Balapan, Klitren, Gondokusuman. Selain itu, keberadaan Akprind University di wilayah Kemantren Gondokusuman, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi warga dengan meningkatkan kepedulian mahasiswa dan dosen di lingkungan sekitar.

Sementara itu, Kombes Pol. Tartono menyampaikan bawa Polda DIY memiliki program Polisi Masyarakat (Polmas) Kawasan Pendidikan guna mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan-permasalahan di kawasan kampus serta mencari pemecahan masalah. “karena Jogja ini dikatakan Kota Pelajar, akhirnya Pak Kapolda memerintahkan juga kepada kami untuk dioptimalkan Polmas Kawasan Pendidikan,” ujarnya.

Menurutnya, tugas Polmas bukan menjadi penegak hukum melainkan tindakan preemtif saja. Preemtif yang dimaksud yakni tindakan yang mengedepankan himbauan dan pendekatan kepada masyarakat dengan tujuan menghindari munculnya potensi terjadinya permasalahan sampai penyelesaian masalah.

Menanggapi paparan Rektor, Kombes Pol. Tartono mengatakan bahwa dengan adanya Polmas di kampus dapat mendukung setiap kegiatan yang dilakukan dan dapat mencegah munculnya permasalahan. “Tadi sudah juga menyinggung terkait dengan kegiatan apa yang akan dilakukan, sekarang dengan Polmas Kawasan Pendidikan ini saya kira nanti akan lebih nyata,” pungkasnya. (humas)