Abdimas IST AKPRIND, Latih Masyarakat Berwirausaha hingga Pemasarannya

0
12

Pengabdian kepada masyarakat atau abdimas merupakan kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Secara umum program ini dirancang oleh berbagai perguruan tinggi untuk memberikan kontribusi nyata dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat. Diantara pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen IST AKPRIND Yogyakarta adalah pelatihan kewirausahaan yang diselnggarakan di ISlamic Center Muhamadiyah Prambanan, Minggu (15/12).

Aji Pranoto, S.Pd., M.Pd., dosen jurusan Teknik Mesin IST AKPRIND melihat banyaknya potensi lokal di wilayah kecamatan Prambanan yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Bersama dengan dosen IST AKPRIND yang lain seperti Yuliana Rachmawati, S.T., M.T dari jurusan Teknik Informatika serta Dewi Wahyuningtyas ST, M.Eng., dan Bambang Kusmartono, S.T., M.T., Aji Pranoto S.Pd., M.Pd., melaksanakan kegiatan abdimas di wilayah kecamatan Prambanan. Aji menilai bahwa semangat dan jiwa wirausaha warga diwilayah tersebut harus ditingkatkan. Sehingga pelatihan dan sharing wirausaha terhadap warga harus digiatkan. Agar potensi lokal dapat dimanfaatkan secara maksimal dan masyarakat turut merasakan manfaatnya. Seperti hasil kebun warga yang belum dimanfaatkan secara maksimal seperti pepaya, ketela, pisang, dan lainnya. Padahal jika mampu dimaksimalkan, hasil kebun tersebut memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Selain pelatihan wirausaha oleh Aji Pranoto, pengabdia kepada masyarakat IST AKPRIND juga memberikan pelatihan pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) oleh Dewi Wahyuningtyas ST, M.Eng. Pelatihan pemasaran menggunakan media sosial dan internet / internet marketing oleh RR. Yuliana Rachmawati,S.T., M.T. Sementara Bambang Kusmartono, S.T., M.T. memberikan materi pengolahan makanan menggunakan pewarna alami dan pengepakan atau packaging yang sehat ramah lingkungan kepada masyarakat yang telah memiliki usaha mikro kecil menengah. (tdj)