Abdimas Dosen IST AKPRIND, Berdayakan Peternak Sleman

0
340

Pengabdian kepada Masyarakat atau sering disebut abdimas merupakan salah satu kewajiban sivitas akademika Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian. Pengabdian kepada Masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika dengan memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Pada bulan ini tiga dosen jurusan Teknik Mesin IST AKPRIND Yogyakarta melaksanakan abdimas di Dukuh Klegen, Kalurahan Trimulyo, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman.

Melalui kegiatan abdimas, Nidia Lestari, S.T., M.Eng, Aji Pranoto, S.Pd., M.Pd, I Gusti Gede Badrawada, S.T., M.Eng. berupaya meningkatkan dan mempererat hubungan antara institusi pendidikan dengan masyarakat umum dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat kelompok ternak di padukuhan Klegen, Sabtu-Minggu (12-13/12). Ketua kelompok ternak Ngudi Makmur yang ada di padukuhan Klegen, Drs. Bujang Sabri mengungkapkan bahwa warga di wilayahnya didominasi mereka yang bermata pencaharian sebagai petani, tukang serabutan serta ibu rumah tangga. Sehingga pihaknya menggandeng IST AKPRIND untuk dapat memberikan pelatihan kepada masyarakat melalui penerapan teknologi tepat guna maupun kagiatan kewirausahaan. Harapannya taraf hidup masyarakat diwilayahnya akan meningkat baik dari segi ekonomi maupun pengetahunannya.

Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh dosen-dosen IST AKPRIND dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan sesuai dengan budaya akademik, keahlian, keilmuan serta kondisi sosial budaya masyarakat. Kegiatan ini sebagai tanggung jawab sosial perguruan tinggi kepada masyarakat. Melalui abdimas masyarakat diharapkan mampu lebih inovatif, kreatif serta mengembangkan kegiatan kesehariannya menjadi kegiatan yang produktif dan meningkatkan penghasilan. (tdj)