3 Mahasiswa wakili IST AKPRIND di ajang PIMNAS 32 Tahun 2019

0
17

Theodorus Cahyo Paparingan ,Dony Syamsuddin Halomoan Pasaribu dan Fatah Ibnul Qoyyim akan mewakili IST AKPRIND di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 32 tahun 2019. Ketiga mahasiswa yang semuanya dari jurusan Teknik Kimia tersebut, akan mendapat didampingi Ani Purwanti, S.T., M.T, dalam gelaran PIMNAS yang akan diselenggarakan di Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali, 27-31 Agustus 2019.

Mahasiswa IST AKPRIND yang diyatakan lolos PIMNAS tergabung dalam satu kelompok sebelumnya telah mengusulkan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Penelitian yang layah didanaik oleh KemristekDikti. Dengan mengangkat judul Sintesis Alkyd Resins dari Daun Kemangi (Ocimum Basilicum) sebagai Bakal Binder Pembuatan Cat, proposal tersebut dinyatakan lolos proses evaluasi dan monitoring sehingga dunyatakan layak menuju PIMNAS.

Dalam penelitiannya, Theodorus Cahyo Paparingan ,Dony Syamsuddin Halomoan Pasaribu dan Fatah Ibnul Qoyyim meneliti pentingyapentingn polimer dalam kehidupan manusia. Kebutuhan polimer seperti plastik, bahan perekat dan lainya cenderung dalam jumlah yang besar. Alkyd resins merupakan salah satu produk polimer yang terbentuk dari proses polimerisasi kondensasi yang banyak digunakan dalam industri cat, coating, serta pembentukan film (Sandler, 1994). Alkyd resin juga penting untuk bahan pengikat tinta. Alkyd memiliki nilai besar ketika dimodifikasi dengan minyak alam atau sintesis (trigliserida). Penambahan minyak berfungsi sebagai pemberi efek pengering (minyak akan mengering pada permukaan padat) karena teroksidasi oleh udara. Alkyd resins pertama di sintesiskan pada tahun 1920 dan karena performanya yang baik makamasih digunakan hingga saat ini. Namun limbah dari resin yang bersifat tahan lama dan sulit terurai di lingkungan (Ikhuoria, et al., 2007). Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk memodifikasi alkydresinsdan urea formaldehide resin agar lebih ramah lingkungan dengan bahan baku yang ramah pula seperti minyak atsiri dari daun kemangi. Ocimum Basilicum Lamiaceaeyang biasanya juga disebut dengan basil atau kemangi kaya akan minyak esensial.Sehingga Komposisi minyak atsiri digunakan untuk engkarakterisasikan keragaman spesies Ocimum yang ekonomis tapi penting.

Informasi lolosnya tim IST AKPRIND teruang dalam surat Dirjen Belmawa Nomor : B/2341/B3.1/KM.02.13/2019 Jakarta, 30 Juli 2019 tentang Penetapan Peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 Tahun 2019, tertanggal 30 Juli 2019. Peserta yang dinyatakan lolos nanti akan melakukan registrasi daring data personal peserta dan mengunggah foto profil untuk ketua dan anggota paling lambat tanggal 16 Agustus 2019 serta melakukan registrasi on-desk pada saat kedatangan tanggal 27 Agustus 2019 pukul
9.00 – 12.00 WIB di Gedung Udayana International Convention Centre. (tdj)