14 Mahasiswa ikuti Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) 2019 di Batam

0
10

Tiga tim Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia IST AKPRIND mengikuti Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Batam, Jum’at-Senin (22-25/11). Keberangkatan ttim KMI IST AKPRIND dilepas oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Ir. Joko Waluyo, M.T., setelah sebelumnya bersama seluruh pimpinan IST AKPRIND berpamitan kepada jajaran pengurus Yayasan Pembina Potensi Pembangunan (YPPP) selaku badan penyelenggara IST AKPRIND.

Tiga tim KMI IST AKPRIND 2019 melibatkan 14 mahasiswa dan tiga dosen pembimbing. Nantinya IST AKPRIND akan bersaing dengan 103 perguruan tinggi negeri maupun swasta dari seluruh Indonesia. Sebelumnya Tiga tim tersebut berhasil meloloskan proposal Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) sehingga layak didanai Kementerian Ristekdikti. Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Nomor 185/B/Hk/2019 Tanggal 1 Juli 2019 Tentang Perguruan Tinggi Pelaksana Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia Tahun 2019. 3 tenant tersebut mengangkat judul Kambangan Madu, Sambal Move-On dan Manikmaya Craft Kerajianan Dari Limbah Kayu. Setelah melalui beberapa tahapan minitoring dan evaluasi, seluruh tenant IST AKPRIND dinyatakan lolos untuk mengikuti Ekspo KMI 2019. Ir. Joko Waluyo, M.T., berharap tim dari IST AKPRIND mampu meraih KMI Award baik untuk kategori Wirausaha terbaik ataupun Booth Pameran Terbaik ditahun 2019 ini.

Program kewirausahaan yang sudah dirintis Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kemenristekdikti adalah Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K), Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI), Program Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia yang semua bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengembangkan jiwa kewirausahaan untuk memulai rintisan usaha bisnisnya. Oleh karena itu, Ditjen Belmawa berupaya untuk memfasilitasi dan memberi ruang pembelajaran berwirausaha sekaligus membangun jaringan bisnis yang salah satunya dilakukan dalam bentuk Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (Ekspo KMI) yang dilaksanakan rutin setiap tahun. Ekspo KMI diikuti oleh perwakilan mahasiswa sebagai wirausahawan muda yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Ditjen Belmawa Kemenristekdikti menyelenggarakan Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) sebagai ajang pameran untuk menjalin jaringan usaha, pertukaran ide-ide usaha kreatif, dan melakukan sharing dengan wirausahawan yang telah sukses. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa Indonesia dapat selalu mengembangkan semangat kewirausahaan. Dalam rangkaian kegiatan ini juga diadakan Startup Summit yaitu ajang bertemunya perusahaan rintisan baru (startup) mahasiswa berbasis digital dengan para angel investor untuk memberikan peluang pendanaan, sehingga dapat mengakselerasi startup dari kalangan mahasiswa lebih cepat berkembang dalam skala nasional dan dunia. KMI diselenggarakan sebagai upaya untuk memotivasi mahasiswa Indonesia menjadi entrepreneur yang kreatif dan mengembangkan semangat jejaring dan kolaborasi yang lebih luas bagi enterprenuer muda dengan investor. Serta menghasilkan komunitas entrepreneur muda di kalangan mahasiswa.

Daftar Tim Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia Institut Sains & Teknologi AKPRIND Tahun 2019

No Nama Jabatan Judul
1 Aji Pranoto, S.Pd., M.Pd Pembimbing Kambangan Madu
2 Bagas Dewantoro Ketua
3 Sandi Ali Alawiyah Anggota
4 Salsabila Ulfah Tian Anggota
5 Anggi Ahditia Anggota
6 Bambang Budiono Anggota
1 Nurul Dzakiya, S.Si., M.Sc Pembimbing Sambal Move-On
2 Agus Setiawan K Ketua
3 Saleha Serita Bru Tarigan Anggota
4 Pamela Felita Adibrata Anggota
5 Asri Oktavia Anggota
6 Muhammad Qodrie Ramadhan Anggota
1 Eka Sulistyaningsih, S.Si., M.Sc Pembimbing Manikmaya Craft Kerajinan Dari Limbah Kayu
2 Abdussalam Ketua
3 Ika Oktaviani Anggota
4 Kent Fitria Anggota
5 Nugroho Wahyu P Anggota