18 Tim Dosen Akprind University Lolos Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2024

0
51

Prestasi Gemilang kembali diraih oleh dosen Universitas AKPRIND Indonesia (Akprind University), khususnya pada Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek). 

Sebanyak 18 Dosen Akprind University dinyatakan lolos untuk menerima pendanaan berdasarkan Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor 0459/E5/PG.02.00/2024 tanggal 30 Mei 2024 tentang Penerima Program Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2024. Rincian pendanaan tersebut terdiri dari 11 Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dan 5 Program Penelitian.

Program Dikti tersebut bertujuan untuk membantu dan memfasilitasi dosen dalam melakukan penelitian berkualitas yang memberikan manfaat bagi masyarakat. Setiap proposal yang diajukan telah melalui proses seleksi ketat dengan mempertimbangkan aspek ilmiah, relevansi, dan potensi penerapannya di masyarakat.

Berikut daftar Dosen Akprind University Penerima Pendanaan Tahun Anggaran 2024 dari Dirjen Diktiristek:

  • Penerima Pendanaan Program Pengabdian kepada Masyarakat 

1. Prof. Dr. Anak Agung Putu Susastriawan, S.T., M.Tech., tentang Penerapan Green Manufacturing dalam upaya Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta untuk Mendukung Pangan Berkelanjutan Desa Kebakalan, Karanggayam, Kebumen.

2. Ani Purwanti, S.T., M.Eng., tentang Desa Eduwisata-Preneur Berbasis Lingkungan dengan Mengintegrasikan Program Kampung Iklim dan Kampung Berseri Astra di Padukuhan Kroco, Sendangsari, Kulon Progo.

3. Dewi Wahyuningtyas, S.T., M.Eng., tentang Penerapan Eco Efficiency Air Buangan Proses Daur Ulang Plastik dan Optimalisasi Produksi untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi serta Kualitas Lingkungan di UKM DR Plastik.

4. Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., tentang Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta dalam Upaya Menerapkan Energi Hijau dan Produksi Bersih di Pringgolayan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

5. Eka Sulistyaningsih, S.Si.,M.Sc., tentang Peningkatan Produktivitas dan Manajemen Keselamatan Kerja Bank Sampah Becik Resik Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul.

6. Ir. Gatot Santoso, M.T., tentang Pengairan Lahan Pertanian di Musim Kemarau Menggunakan Tenaga Surya untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Putat, Kecamatan Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

7. Dr. Hadi Saputra, S.T., M.Eng., tentang Penerapan Teknologi Waste to Energy Menuju Eco-Efficiency dan Green Economy Bumdes Guwosari Maju Sejahtera Kalurahan Guwosari, Pajangan, Bantul.

8. Dr. Samuel Kristiyana, S.T., M.T., tentang Penerapan Green Economy dengan Pemanfaatan Komponen Motor Bekas menjadi Robot di Desa Gilangharjo, Pandak, Bantul.

9. Dr. Ir. Sri Mulyaningsih, S.T., M.T., IPM., tentang Pemberdayaan Wilayah Pantai Selatan DIY Menuju Transformasi Kota Wisata dengan Aglomerasi Ekonomi Biru.

10. Dr. Suwanto Raharjo, S.Si., M.Kom., tentang Penerapan Environment Oriented Cost Management (EoCM) berbasis Green Economy dalam Upaya Perbaikan Proses Produksi dan Lingkungan pada UD Widodo Aksesoris.

11. Dr. Toto Rusianto, M.T., tentang Penerapan Teknologi Electroplating dan Anodizing pada Knalpot Kendaraan Bermotor Berbasis Green Circular Economy pada Industri Kecil Knalpot di Tegaltirto, Sleman, Yogyakarta.

  • Daftar Penerima Pendanaan Program Penelitian 

1. Prof. Dr. Anak Agung Putu Susastriawan, S.T., M.Tech., tentang Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) 5000 Watt Berbasis Teknologi Gasifikasi

2. Rokhana Dwi Bekti, S.Si,M.Si., tentang Pengembangan Model Pemetaan Kualitas Air Sungai menggunakan Machine Learning Topological Kriging dan Flask Web App.

3. Dr. Ir. Sri Mulyaningsih, S.T., M.T., IPM., tentang Pengembangan Geowisata Berbasis Inovasi Teknologi Geologi Bawah Permukaan pada Karst Gunung Sewu Jalur Lintas Pantai Selatan Yogyakarta

4. Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.T., tentang Turbin Angin Segala Arah Dengan Metode Venturi

5. Dr. Suwanto Raharjo, S.Si., M.Kom., tentang Framework Korpus Bahasa di Indonesia beranotasi untuk mendukung sistem informasi berbasis kearifan lokal.

  • Penerima Pendanaan BOPTN Program Pengabdian Masyarakat Dosen Vokasi

1. Aji Pranoto, S.Pd., M.Pd., tentang Penerapan Smart Technology melalui Penguatan Agro Tourism di Kawasan Wisata Pengklik Kalurahan Madurejo, Kapanewon Prambanan.

  • Penerima Bantuan Pendanaan Program Dana Padanan Tahun Anggaran 2024 Batch 2

1. Ellyawan Setyo Arbintarso, S.T., M.Sc., Ph.D., tentang Pengembangan Teknologi Ceramic Mould dari Bahan Pasir Kromit Daur Ulang Untuk Mengatasi Cacat Pengecoran Impeller di PT. Duraquipt Cemerlang.

Sebagai informasi, program pendanaan tersebut dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Dalam pengumuman disebutkan bahwa dana akan disalurkan melalui mekanisme kontrak yang ditandatangani secara bertahap dengan pencairan dana dilakukan dalam dua tahap. (humas)