Karista merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di IST AKPRIND yang dibentuk sebagai wadah bagi mahasiswa yang memilik hobi atau kegemaran bermain musik. Karista yang merupakan kependekan dari Keluarga Art Institut Sains & Teknologi AKPRIND tersebut pada perkembangannya bukan hanya sebagai wadah bagi mereka yang gemar bermusik dan bernyanyi saja tetapi juga sebagai wadah untuk unjuk prestasi dibidang musik.

Hal tersebut juga dibuktikan pada akhir tahun 2017 ini. Dalam ajang kompetisi bermusik yang diikuti, UKM KARISTA mampu menorehkan beberapa prestasi seperti Juara III festival musik akustik yang diselenggarakan oleh Cendi UIN Sunan Kalijaga. Selain itu juga menjadi Juara I dalam ajang KFC Music Talent kategori mahasiswa. Dan pretasi yang terakhir adalah Juara III Parade Musik Yamaha 2017 yang diselenggarakan di Alun-alun Kidul Yogyakarta beberapa waktu yang lalu.

Muhammad Hendrawan Suharjo, mahasiswa Teknik Geologi yang saat ini dipercaya menjadi Ketua UKM KARISTA mengungkapkan bahwa saat ini tak kurang dari 30 mahasiswa yang aktif menjadi anggota UKM ini. Mereka terdiri dari para musisi serta beberapa vokalis. Walaupun hampir semua musisi dan vokalis merupakan mahasiswa, genre musiknya tidak hanya yang bertempo tinggi seperti rock saja tetapi juga genre lain yang digemari berbagai kalangan yang bukan hanya kalangan generasi muda saja. Hal tersebut juga diamini dosen pembina UKM KARISTA, Dra. Nuniek Herawati, M.Kom. Anak asuhnya selalu berupaya meningkatkan kemampuan bermusiknya bukan hanya di satu atau dua genre saja. Nuniek Herawati juga berharap pada tahun 2018 nanti UKM KARISTA mampu meningkatkan prestasinya. (tdj)