Laboratorium Pendidikan adalah salah satu tolak ukur kualitas pendidikan dalam perguruan tinggi. Laboratorium menjadi tempat dilakukannya penelitian berpotensi menghasilkan karya yang bermanfaat bukan hanya bagi dosen dan mahasiswa tetapi juga bagi masyarakat. Sehingga keberadaan laboran yang handal menjadi syarat mutlak bermutunya suatu laboratorium. Guna mencetak laboran yang handal, IST AKPRIND menyelenggarakan Training peran dan tugas Pranata  Laboratorium Pendidikan (PLP) dan Pengaplikasian Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3) di laboratorium pendidikan Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Senin (24/7)
Acara yang dibuka oleh Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T ini menghadirkan narasumber Padya Sumarwanto (Koordinator Wilayah DIY Persatuan Pranata Laboratorium Pendidikan Indonesia) dan Sri Rahayu Gusmawarni, S.T.,M.T. Menurut rektor, berangkat dari visi IST AKPRIND yang akan dicapai melalui misi-misi yang ada, laboratorium dibentuk untuk mendukung proses pendidikan yang diselenggarakan IST AKPRIND. Ranah pendidikan menurut rektor, bukan hanya sekedar berkutat pada hal kognitif tetapi juga pada masalah sikap dan keterampilan. Keterampilan dapat dikembangkan salah satunya melalui laboratorium. Pengembangan minat dan bakat mahasiswa melalui laboratorium telah terbukti menghasilkan karya mahasiswa yang mampu berbicara pada tingkat nasional dan internasional seperti yang ditunjukkan oleh tim mobil hemat energi, tim roket, tim antena dan juga tim robot IST AKPRIND, tambah rektor.

Sementara menurut  Kasubbag Pengembangan SDM, Rusmita Sari, S.Psi didampingi Kepala Bagian Kepegawaian IST AKPRIND, Agustinus Susilo, S.E., salah satu komponen yang tidak bisa lepas dari keberadaan laboratorium adalah pelayanan laboran yang handal. Hal tersebut dapat diaplikasikan melalui kemampuan kerja yang menunjang tugas dan fungsinya. Idealnya, laboran yang profesional berupaya aktif meningkatkan kemampuan intelektualnya melalui pelatihan/workshop/seminar dan peningkatkan jenjang karier. Salah satu peningkatan jenjang karier adalah melalui jabatan fungsional pranata laboratorium pendidikan dan angka kreditnya. Namun realitanya, masih banyak laboran yang masih awam terhadap apa itu jabatan fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan.

Training Peran Dan Tugas Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) dan Pengaplikasian K3 Di Laboratorium Pendidikan dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman laboran terkait peran dan tugasnya serta meningkatkan kesadaran peningkatan pengembangan karier melalui jabatan fungsional pranata laboratorium pendidikan. Selain itu, guna meningkatkan kesadaran laboran akan pentingnya memelihara Kesehatan & Keselamatan Kerja. Melalui trainning tersebut diharapkan para laboran IST AKPRIND memiliki pemahaman mendalam terkait Tugas dan Peran Laboran yang dieksekusi melalui kinerja yang mumpuni, efektif dan optimal sehingga mampu meningkatkan pengembangan karier dan peningkatan profesionalisme pengelola laboratorium melalui jabatan fungsional pranata laboratorium pendidikan dan angka kreditnya. Selain itu juga sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan laboran terhadap mahasiswa secara profesional serta kesadaran laboran akan pentingnya memelihara Kesehatan & Keselamatan Kerja. (tdj)