Tim Robot Brahmana IST AKPRIND Yogyakarta mengaku siap mengibarkan bendera Merah Putih untuk mengharumkan nama Indonesia di ajang Kontes Robot Internasional ABU ROBOCON 2017 yang akan diselenggarakan di Ota-City General Gymnasium, Tokyo, Jepang, Minggu (27/8) mendatang. Dengan modal sebagai Juara I Kontes Robot ABU Indonesia 2017, Tim Brahmana IST AKPRIND harus berhadapan dengan 18 tim dari berbagai negara di kawasan Asia Pasifik.

Dosen Pembimbing tim Brahmana, Beny Firman, S.T., M.Eng mengaku tidak akan menyia-nyiakan kesempatan membawa nama Indonesia di kancah internasional ini. Dengan catatan waktu yang diraih saat mengikuti kontes robot pada tingkat nasional di UPI Bandung lalu maupun pada saat simulasi dan latihan beberapa waktu terakhir, dirinya berharap tim robot Brahmana mampu tampil konsisten. Karena tampilnya tim Brahmana ini bukan hanya membawa nama IST AKPRIND Yogyakarta tetapi juga membawa nama baik bangsa serta negara Indonesia.

Menjelang keberangkatan, tim robot Brahmana IST AKPRIND berkesempatan mohon pamit serta doa bersama dengan pimpinan IST AKPRIND. Acara pamitan dan doa bersama diselenggarakan dengan sederhana. Sebuah tumpeng dengan segenap perlengkapannya menjadi ciri khas dalam mengungkapkan rasa syukur tim IST AKPRIND yang akan berlaga di Jepang. Dalam kesempatan tersebut, rektor berpesan agar setelah di Jepang nanti, tim mamapu tampil maksimal dalam kejuaraan ini. Tampilnya IST AKPRIND pada ABU ROBOCON 2017 ini merupakan sejarah baru bagi IST AKPRIND, beliau juga berharap semua proses dapat berjalan dengan baik. Selain faktor teknis yang menjadi penentu, faktor non teknis seperti mental bertanding di tempat baru serta kekuatan doa juga turut menjadi kunci kesuksesan tim, tutupnnya. (tdj)