Tidak terganggu dengan pemberitaan negatif kakak angkatannya yang telah menjadi alumni, mahasiswa IST AKPRIND kembali siap untuk unjuk prestasi dalam gelaran ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2017. Hasil verifikasi serta seleksi berkas, IST AKPRIND mampu meloloskan 3 (tiga) tim di Ajang KMHE yang akan diselenggarakan di Sirkuit Kenjeran Surabaya 7-11 Nopember mendatang.  89 tim dari seluruh Indonesia akan ambil bagian pada gelaran KMHE 2017 ini dan tiga diantaranya berasal dari IST AKPRIND. Kategori yang dilombakan dalam gelaran KMHE ini adalah Kategori Urban, terdiri dari 4 kelas (Bensin, Diesel, Etanol, Listrik) dan Kategori Prototipe, terdiri dari 4 kelas juga (Bensin, Diesel, Etanol, Listrik);

Tiga tim IST AKPRIND nantinya akan turun pada kategori dan kelas yang berbeda yaitu :

– TIM IST AKPRIND 1 kategori URBAN  dengan bahan bakar Ethanol
Dosen Pembimbing: Ellyawan Setyo A, S.T., M.Sc., Ph.D.
Co. Pembimbing    : Ir. Hary Wibowo, M.T.
Manajer        : I Putu Yosa Rama Dinata (Teknik Mesin)
Manajer Teknis    : Risqi BAskoro Satrio Adi (Teknik Mesin)
Divisi Chasis    : Handharu Farif Datama (Teknik Mesin)
Divisi Body    : Bayu Aditiawan (Teknik Mesin)
Divisi Engine    : Eric Kurniawan Burhannudin (Teknik Mesin)
Divisi Non Tek.    : Indra Ardiansyah (Teknik Mesin)
Staf Teknis    : Ambar Kurniawan (Teknik Mesin)

– TIM IST AKPRIND 2 kategori PROTOTYPE dengan mesin Diesel.
Dosen Pembimbing: Ir. Adi Purwanto, M.T.
Co. Pembimbing    : Aji Pranoro, S.Pd., M.Pd.
Manajer        : Dyon Engga Esnawan (Teknik Mesin)
Divisi Chasis    : Gesit Prayoga (Teknik Mesin)
Divisi Body    : Buldan Sibli SA (Teknik Mesin)
Divisi Engine    : Bachtiar effendi (Teknik Mesin)
Divisi Non Tek.    : Erika Miftahul Jannah (Teknik Mesin)
Driver        : Lukman Wibowo dan Rofiq Adhari Saputro (Teknik Mesin)

– TIM PRAWIRA, kategori URBAN dengan Sumberdaya Listrik sebagai sumber energinya
Dosen Pembimbing: Sigit Priyambodo, S.T., M.T.
Manajer        : Lusi Ariani (Teknik Kimia)

  1. Satrio Witjaksono (Teknik Elektro)
  2. Bagus Setyo Pamudji (Teknik Elektro)
  3. Ardian Andi Pradana (Teknik Elektro)
  4. Riza Nurfaisal Al Ikhsan (Teknik Elektro)
  5. Mohammad Akbar Pinandhito (Teknik Elektro)
  6. Muhammad Hanif Nur Aziz (Teknik Mesin)

Tujuan dari penyelenggaraan KMHE 2017 menurut kemenristekdikti adalah untuk :
a. Memberikan  wadah  bagi  mahasiswa  teknik  seluruh  Indonesia  untuk  mengaplikasikan ilmu  pengetahuan  yang  didapat  dari  bangku  kuliah  serta  meningkatkan  kreatifitas, disiplin, serta kemampuan soft skill dan hard skill.
b. Memberikan alternatif solusi bagi masalah energi nasional saat ini. Solusi yang dimaksud tentu akan memberikan efek positif dalam pengembangan kendaraan masa depan yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan

Persediaan  bahan  bakar  sebagai  sumber  energi  yang  semakin  menipis  sementara kebutuhan energi meningkat menyebabkan energi menjadi permasalahan hampir di seluruh  negara  di  dunia  termasuk Indonesia. Hal  menuntut kita  untuk  berpikir  untuk mencari  solusi terbaik  dalam  mengatasi  krisis  energy  tersebut.  Berbagai  negara  telah  melakukan  upaya untuk menanggulangi krisis tersebut, diantaranya adalah dengan melakukan penelitian yang bertujuan   untuk   meningkatkan   efisiensi   penggunaan   bahan   bakar.   Hampir   seluruh perusahaan  yang  bergerak  di  bidang  otomotif  berlomba  untuk  menghasilkan  produk  yang mampu menghemat pemakaian bahan bakar melalui pengembangan teknologinya.
Mahasiswa sebagai agent of change hendaknya juga dapat turut berpartisipasi aktif dalam  upaya  penanggulang an krisis  energi  yang  telah  melanda  dunia  termasuk  Indonesia. Hal ini salah satunya dapat diwujudkan dalam sebuah kreatifitas dalam kontes mobil hemat energi.  Kontes  Mobil  Hemat  Energi  2017  merupakan  sebuah  lomba  mobil  irit  tingkat nasional. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari seluruh  Universitas / Institut / Politeknik di Indonesia  yang  memenuhi  persyaratan  yang  ditetapkan  oleh  panitia.  Kemampuan  untuk merancang dan membangun kendaraan yang irit, aman, dan ramah lingkungan merupakan kemampuan  yang  harus  dimiliki  oleh  seluruh  peserta  dalam  kegiatan  ini.  Peserta  dituntut agar   mampu   menggunakan   kreatifitasnya   dalam   mewujudkan   karya   nyata   berupa kendaraan hemat energi.
KMHE adalah event yang diselenggarakan oleh DIKTI dalam skala nasional, tiap tahunnya memperlombakan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan tinggi. KMHE berorientasi pada efisiensi energi dari mobil rancangan mahasiswa hasil pengaplikasian ilmu yang diterima selama kuliah. Perlombaan dibagi menjadi dua kategori berdasarkan kategori kendaraan, yaitu Urban dan Prototype. Mobil dalam kompetisi KMHE dibagi berdasarkan penggerak yang digunakan, di antaranya Motor Bakar (bahan bakar bensin, diesel dan etanol), Motor Listrik, dan Hybrid. (ist/tdj)