SEJARAH INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AKPRIND

Institut Sains & Teknologi AKPRIND (IST AKPRIND) Yogyakarta adalah perguruan tinggi swasta yang terletak di kota Yogyakarta, dengan nilai Akreditas Kampus (B). Berada di bawah Yayasan Pembina Potensi Pembangunan. IST AKPRIND didirikan pada awalnya sebagai Akademi Perindustrian dan Akademi Teknologi Industri dengan SK Yayasan pada tanggal pada 7 Mei 1970 kemudian pada tanggal 7 Mei 1986 berubah menjadi Institut Teknologi AKPRIND dengan SK yayasan no : 017/YPPP/V/1986.

Pada tanggal 12 Mei 1987 berubah menjadi Institut Sains & Teknologi AKPRIND sampai sekarang dengan Surat Surat Keputusan Yayasan Nomor : 003/YPPP/V/1987 dikukuhkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan SK No : 0145/0/1989 tanggal 16 Maret 1989 yang berpedoman pada Undang – Undang Nomor : 2 tahun 1989, serta Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 1990.

IST AKPRIND kini menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang sains & teknologi. Program studi – program studi yang diselenggarakan ditampung dalam 3 fakultas, yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Sains Terapan, dan Fakultas Teknologi Mineral, yang meliputi jenjang Strata-I dan Diploma-III.

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta diselenggarakan oleh Yayasan Pembina Potensi Pembangunan atau disingkat YPPP. IST AKPRIND Yogyakarta berdiri pada tanggal 12 Mei 1972 dengan nama Akademi Perindustrian (AKPRIND) yang diresmikan oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII. Akademi Perindustrian (AKPRIND) mengalami perkembangan tahap demi tahap.

Pada tahun 1972 AKPRIND memiliki Fakultas Teknik Industri dengan dua jurusan, yaitu Jurusan Teknik Kimia dengan program studi Teknik Kimia dan Jurusan Manajemen Industri dengan program studi Manajemen. Pada tahun 1975 AKPRIND membuka jurusan baru Maintenance Industri dengan dua program studi yaitu Teknik Mesin dan Teknik Listrik. AKPRIND dengan status terdaftar sesuai Surat Keputusan Mendikbud Nomor: 071/U/1978 tanggal 31 Maret 1978 selanjutnya membuka Program Studi Statistika Industri.

Akademi Perindustrian (AKPRIND) mengalami perubahan nama menjadi Akademi Teknologi Industri “AKPRIND” pada tahun 1984, sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 043/O/1985 tanggal 28 Januari 1985. Istilah AKPRIND merupakan kepanjangan Amanat Keluarga Pejuang Republik Indonesia dengan motto JNANADHARMA yang berarti ilmu pengetahuan dan teknologi untuk diabdikan kepada nusa, bangsa dan negara.

Sesuai dengan kebutuhan tenaga sains dan teknologi yang profesional untuk menunjang industrialisasi dan rekayasa industri di masyarakat, maka Akademi Teknologi Industri “AKPRIND” ditingkatkan menjadi jenjang yang lebih tinggi yakni Strata-1 (S-1) dengan tiga fakultas yaitu: (1) Fakultas Teknologi Industri dengan lima jurusan: Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Elekto, dan Teknik Informatika, (2) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan tiga jurusan: Matematika, Fisika, dan Kimia. (3) Fakultas Teknologi Mineral dengan satu jurusan: Teknik Geologi.

IST AKPRIND Yogyakarta meraih Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan nilai B dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kementerian Pendidikan Nasional. Keputusan tersebut tertuang dalam SK BAN PT No. 243/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2014 tertanggal 19 Juli 2014.

VISI

Menjadi IST AKPRIND yang favorit dan unggul di bidang sains dan teknologi secara nasional.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang sains dan teknologi yang mengedepankan dan menjunjung tinggi tata nilai, norma, dan budaya.
  2. Mengembangkan sains dan teknologi yang berwawasan lingkungan dan berbasis penjaminan mutu.
  3. Menerapkan hasil-hasil pendidikan dan penelitian sains dan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

TUJUAN

  1. Mempertahankan dan meningkatkan eksistensi IST AKPRIND di kancah nasional.
  2. Mencetak sarjana dan ahli madya di bidang sains dan teknologi yang berjiwa wirausaha (entrepreneurs), berwawasan lingkungan, berbasis penjaminan mutu, dan memiliki karakter disiplin, jujur, bermoral serta kompeten di bidangnya.
  3. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian yang bermanfaat bagi kemajuan industri dan masyarakat.

JATI DIRI

IST AKPRIND melaksanakan Pola Ilmiah Pokok mendidik warga masyarakat untuk menjadi ilmuwan dan profesional yang menguasai dan mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, berwawasan lingkungan hidup, serta menerapkan manajemen mutu terpadu.

MAKNA LAMBANG

IST AKPRIND mempunyai lambang yang berbentuk segilima yang distilir seperti bunga mekar, dengan lima buah tajuk, ditengahnya terdapat bola dunia, dilingkari rantai yang dihiasi dengan untaian padi yang terletak di sebelah kiri, untaian kapas yang terletak di sebelah kanan.
Tempat pertemuan untaian di bagian atas terdapat bintang segilima. Dalam bola dunia terdapat dua buah bulu bersilang tertancap pada sebuah roda gigi.
Di atas bola dunia terdapat tulisan JNANADHARMA dan di bawah bola dunia terdapat tulisan INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA.
Lambang Institut memiliki warna biru bermakna cakrawala lingkungan yang luas, warna hijau bermakna kehidupan yang teduh dengan kesejukan,
warna kuning bermakna kemuliaan, dan warna putih bermakna kebersihan.

Lambang Institut mempunyai makna sebagai berikut:

  1. Bentuk segilima yang distilir seperti bunga mekar berwarna kuning melambangkan bahwa Institut adalah lembaga pendidikan Nasional yang berazaskan Pancasila yang selalu menjiwai kecerahan, serta pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya yang tiada hentinya.
  2. Bentuk bola dunia yang berwarna biru muda dengan garis-garis yang menggambarkan garis lintang dan bujur berwarna kuning melambangkan bahwa dunia merupakan sumber ilmu yang perlu dikembangkan dan dilestarikan dengan memperhitungkan lingkungan alami sebagai sumber kehidupan.
  3. Rantai yang terdiri atas 15 pasang mata rantai berwarna kuning melambangkan kerja sama antar komponen yang saling mendukung dan pemersatu tujuan sekaligus sebagai tanggal berdirinya Yayasan yang mengayomi Institut.
  4. Untaian kapas berwarna hijau dan putih yang berjumlah 11 melambangkan budaya yang selalu dijunjung dan dikembangkan dalam pemersatu citacita pendidikan sekaligus sebagai bulan berdirinya Yayasan.
  5. Untaian padi berwarna kuning yang terangkai pada 1 tangkai, 9 bulir yang berukuran relatif besar dan 7 bulir yang berukuran relatif kecil dan diakhiri dengan satu bulir terkecil melambangkan kesatuan dalam mencapai kesejahteraan lahir dan batin seluruh Civitas Akademika, sekaligus sebagai tahun berdirinya Yayasan.
  6. Dua buah bulu-bulu berwarna putih yang disilangkan melambangkan tugas mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bebas dan netral, yang sekaligus merupakan cita-cita dan keinginan Yayasan.
  7. Satu roda yang bergigi berwarna putih melambangkan teknologi yang dinamis dan tiada hentinya bagaikan fungsi roda gigi dalam dunia industri, yang sekaligus merupakan pencerminan langkah dan kegiatan dalam upaya mencerdaskan bangsa yang merupakan tujuan utama dari Yayasan, khususnya dalam usaha mengabdikan pada sektor perindustrian.
  8. Satu bintang berwarna kuning mencerminkan cita-cita yang tinggi yang dapat dijangkau dengan nurani yang terang.
  9. Tulisan INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA pada tajuk bawah menunjukkan nama Institut penyelenggara pendidikan dan dituliskan dengan huruf besar berwarna putih.
  10. Tulisan JNANADHARMA yang tertulis pada tajuk atas yang artinya Ilmu pengetahuan dan teknologi untuk diabdikan kepada nusa, bangsa, dan negara, dituliskan dengan huruf besar berwarna putih mencerminkan inti utama yang dikembangkan oleh Yayasan.

Apabila dibuat dalam warna hitam dan putih, maka lambang IST AKPRIND seperti terlihat pada gambar di samping.

STRUKTUR ORGANISASI

HYMNE AKPRIND

Judul Hymne IST AKPRIND adalah HYMNE IST AKPRIND yang berintikan ilmu untuk diabdikan. Lirik hymne Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta ditulis oleh salah satu pendiri dari IST AKPRIND yaitu Bapak Ir. Drs. Siswono Oetoyo yang kemudian di aransemen oleh Bapak Kusbini.

LOKASI KAMPUS

Kampus I : Kampus Balapan

Jl. Kalisahak No.28 Kompleks Balapan, Yogyakarta 55222. Telp.0274-563029

klik untuk lihat map

Kampus II : Pusat Laboratorium

Jl. I Dewa Nyoman Oka No.32, Yogyakarta. Telp. 0274-561338

klik untuk lihat map

Kampus III : Kampus Pengok

Jl. Bimasakti No.3 Pengok, Yogyakarta. Telp. 0274-544504

klik untuk lihat map