Penguasaan bahasa asing terutama bahasa Inggris sudah menjadi kewajiban bagi mahasiswa.Bahasa Inggris dahulu masih dianggap sebagai bahasa pilihan setelah bahasa Indonesia, namun saat ini hal tersebut sduah tidak berlaku lagi. Di era globalisasi dimana batas negara “seolah-olah” tidak terlihat lagi membutuhkan bahasa Inggris sebagai media komunikasi baik secara langsung maupun melalui media seperti ponsel, internet dan lainnya. Mwlihat fenomena tersebut, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ISTA Students English Club (ISEC) IST AKPRIND, menyelenggarakan kegiatan dengan nama “ Belajar Bareng ISEC” bagi mahasiswa IST AKPRIND.

“Learning Together For Change” atau belajar bersama untuk perubahan diangkat menjadi tema kegiatan ini. Noviyanto, mahasiswa angkatan 2016 yang menjadi Ketua Panitia kegiatan mengungkapkan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu mahasiswa dalam penguasaan Bahasa Inggris yang baik dan benar. Karena dalam belajar bahasa Inggris mahasiswa harus fokus terutama dalam speaking bahasa inggris yang baik dan lancar agar tidak minder saat berdialog dengan orang lain. Selain itu juga bertujuan untuk membantu meningkatkan grammar dan kepercayaan diri mahasiswa agar berani speaking di tempat umum. Sehingga mahasiswa bukan hanya sadar akan pentingnya bahasa Inggris tetapi juga mengembangkan potensi yang dimiliki tanpa rasa malu atau minder.

Ketua ISEC, Gery Noel Hutalagung menyampaikan dalam kegiatan yang berlangsung sejak 4 Oktober dan akan berakhir pada 22 Desember mendatang terdapat empat komponen yang harus dikuasai oleh seseorang yang ingin mahir dalam berbahasa inggris yaitu speaking (berbicara), reading (membaca), listening (mendengarkan), writing (menulis). Kemampuan tersebut tidak cukup di kuasai saja tetapi harus dipraktekkan, harus terus dilatih dan dikaji ulang dengan membandingkan dengan kemampuan yang dimiliki orang lain. Dengan seringnya kita mempraktekkan hal tersebut, secara tidak langsung akan mengungkapkan ide-ide dan pendapat-pendapat kita dan nantinya kita akan berani untuk mengungkapkannya dalam jangkauan yang lebih luas. Dengan demikian kita juga turut membangun Negeri ini baik secara langsung atau tidak langsung. karena menurutnya suatu negara yang maju harus didukung oleh sumber daya manusia yang sehat dan cerdas. Sehat dalam era teknologi dan informasi ini berarti mampu berkarya dengan kemampuan sendiri. Sedangkan cerdas berarti mampu menganalisa peluang terbaik dan sanggup memenangkan persaingan. Penguasaan bahasa asing adalah salah satu hal yang dibutuhkan di era yang serba cepat ini. Dengan pemahaman bahasa yang baik, maka seseorang / kelompok akan lebih mudah untuk mempelajari suatu ilmu. Salah satu bahasa pengantar ilmu adalah bahasa inggris. Secara tuntunan kita harus dapat menguasai bahasa inggris jika tidak ingin tertinggal dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kegiatan ini awalnya hanya bagi anggota ISEC saja akan tetapi tidak menutup kemungkinan bagi yang belum menjadi anggota dapat bergabung untuk menjadi anggota untuk bukan hanya mengasah kemampuan bahasa Inggris tetapi juga dalam leadership, dan organizingnya. (tdj)