You are here

Pelatihan Penulisan Proposal PKM AI GT

Peningkatan penalaran mahasiswa erat kaitannya dengan kualitas pendidikan dan pengajaran serta peningkatan citra diri perguruan tinggi. Sehingga kualitas penalaran mahasiswa yang dituangkan dalam penulisan dan penyusunan suatu proposal terutama dalam penggalian kreativitas, komunikasi, dan kepemimpinan di IST AKPRIND Yogyakarta harus turut meningkat. Hal tersebut mendorong Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BAKA) menyelenggarakan "Pelatihan Penulisan Proposal Program Krativitas Mahasiswa (PKM) bidang Artikel Ilmiah (AI) dan Gagasan Tertulis (GT)" .

IST AKPRIND Terima Kunjungan 315 Siswa SMAN I Ciawigebang

IST AKPRIND Yogyakarta menerima kunjungan guru dan siswa dari SMA Negeri I Ciawigebang, Kuningan, Jawa Barat, Rabu (21/12). Kunjungan sekolah ke institusi perguruan tinggi di Yogyakarta ini diinisiasi oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN I Ciawigebang yang diketuai oleh Yona Artiar. Rombongan yang berjumlah 331 orang tersebut terdiri dari 16 guru dan 315 siswa diterima oleh Kepala UPT P3MB IST AKPRIND, Bambang Kusmartono, S.T., M.T di Auditorium IST AKPRIND.

Kuliah Umum Teknik Elektro IST AKPRIND

Perekembangan Sains dan Teknologi dan telah diberlakukannya pasar bebas di ASEAN menuntut peran Perguruan Tinggi dalam menyiapkan sumber daya manusia yang profesional dibidangnya. Tak terkecuali bagi jurusan Teknik Elektro IST AKPRIND Yogyakarta harus mampu mempersipakan lulusannya bukan hanya sekedar menjadi sumber daya tetapi harus menjadi capital atau lulusan dengan dilengkapi modal intelektual dibidang ketenagalistrikkan, elektronika dan telekomunikasi.

IST AKPRIND Tingkatkan Kerjasama Internasional

Dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sejak 2015 yang lalu, menjadikan tantangan dan peluang tersendiri bagi institusi pendidikan tinggi, baik PTN maupun PTS. Begitu pula dengan IST AKPRIND Yogyakarta. IST AKPRIND Yogyakarta berupaya agar tidak tergilas oleh zaman dengan dengan selalu meningkatkan mutu akademiknya dengan tetap menjunjung tinggi Tridharma Perguruan Tinggi. Salah satu upayanya adalah dengan peningkatan kerjasama internasional.

Univ. Malaysia Pahang Jajaki Kerjasama Dengan IST AKPRIND

IST AKPRIND Yogyakarta melalui Fakultas Teknologi Industri menerima kunjungan pengurus dari Fakulti Kejuruteraan Mekanikal (Faculty of Mechanical Engineering) Universiti Malaysia Pahang, Selasa (6/12). Tamu dari Fakulti Kejuruteraan Mekanikal Universiti Malaysia Pahang yang hadir antara lain Dr. Zakri bin Ghazali, Dr. Yuli Panca Asmara serta En. Hazman bin Abdul.
Universiti Malaysia Pahang (UMP) merupakan perguruan tinggi dibidang teknik di negara Malaysia yang berdiri pada tahun 2002.

Alumni AKPRIND Masuk Jajaran Direksi PERTAMINA

Ir. Toharso, M.M., alumni jurusan Maintenance AKPRIND lulusan tahun 1985 yang juga pernah menjabat sebagi ketua Pengurus Pusat (PP) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) AKPRIND periode 2011-2015 berhasil masuk kedalam jajaran direksi PT Pertamina (Persero). Hal tersebut berdasarkan surat keputusan Menteri BUMN No SK-264/MBU/12/2016 tentang Pengangkatan Anggota Direksi Perseroan (Persero) PT Pertamina di Kantor Kementerian BUMN Jakarta, Jumat (2/12).

Asti Widyaningsih Wisudawan Terbaik IST AKPRIND

Asti Widyaningsih, putra dari pasangan bapak dan ibu Irwan Susanto  berhasil menjadi wisudawan terbaik IST AKPRIND periode semester gasal tahun akademik 2016/2017 dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) nyaris sempurna yaitu 3,99. Sementara Ermawati putra dari pasangan bapak dan ibu Parmonojuga dari jurusan Informatika pada peringkat kedua dengan IPK 3,89. Pada wisuda yang diselenggarakan di Jogja Expo Center (JEC) pada Rabu, (29/11) ini, 19 wisudawan berhasil lulus dengan predikat cumlaude.

SNAST 2016 "Aplikasi Sains dan Teknologi dalam mendukung Kemandirian Energi Nasional"

Indonesia sudah saatnya bukan hanya mandiri dalam energi tetapi harus berdaulat dalam energi. Adanya kecenderungan kebijakan politik yang mengarah pada liberalisasi berbagai sektor termasuk sumber daya energi menjadikan mayoritas sumber daya energi lebih dikuasai oleh asing. Demikian disampaikan oleh Rektor IST AKPRIND Yogyakarta saat membuka Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) 2016, Sabtu (26/11) di Auditorium Kampus I. Dr. Ir. Amir Hamzah menambahkan, Perguruan Tinggi memiliki peran yang sangat penting dalam ketahanan energi.

International Lecture - Energy Conservation and Renewable Energy

Setelah penyelenggaraan kuliah umum internasional yang diselenggarakan oleh Jurusan Statistika , Fakultas Sains Terapan IST AKPRIND beberapa waktu yang lalu, salah satu fakultas lain di IST AKPRIND yaitu Fakultas Teknologi Industri melalui jurusan Teknik Industri, Teknik Mesin dan Teknik Elektro juga menyelenggarakan kuliah umum internasional dengan mengangkat tema energi baru dan terbarukan di Auditorium IST AKPRIND, Rabu (16/11).

Kuliah Umum Internasional - Big Data Statistics

Big Data merupakan data yang digenerate dari bermacam-macam lokasi tempat dengan berbagai ukuran. Big data bukan hanya dihitung dari banyaknya jumlah data yang ada, akan tetapi juga kompleksnya jenis data yang berbeda-beda. Ciri khas big data adalah terdiri dari volume (kapasitas/isi), velocity (kecepatan) serta variety (keanekaragaman).

Pages