Peningkatan mutu sebuah perguruan tinggi merupakan hal yang harus dilakukan. Perguruan tinggi tidak bisa hanya bertahan saja ditengah arus globalisasi yang semakin menguat. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah dengan melihat posisi diri sendiri terhadap kompetitor yang ada. Oleh sebab itu kemitraan dan kerjasama antar perguruan tinggi menjadi sangat penting. Menyikapi hal tersebut IST AKPRIND senantiasa meningkatkan kerjasamanya dengan perguruan tinggi lain baik negeri maupun swasta. Yang terakhir adalah dijalinnya kerjasama dengan Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur.

Penandatanganan nota kesepahaman bersama yang dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara IST AKPRIND dengan Universitas Mulawarman dilaksanakan, Senin (8/10) di Ruang Sidang I IST AKPRIND. Kedatangan tim Universitas Mulawarman dipimpin oleh Dekan Fakultas Teknik, Muh. Dahlan Balfast, S.T., M.T. diterima oleh jajaran Pimpinan IST AKPRIND Yogyakarta, mulai dari Rektor, Wakil Rektor I-III, Seluruh Dekan Fakultas serta Kaprodi di lingkungan IST AKPRIND. Sementara dari Universitas Mulawarman turut mendampingi Dekan Fakultas Teknik antara lain Wakil Dekan II Fakultas Teknik, Budi Nining Widarti, S.T., M.Eng., Kaprodi Teknik Industri, Dutho Suh Utomo, S.T., M.T. serta Kaprodi Teknik Geologi, Farah Dinna Z., S.T.

Menurut Dekan Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, rintisan kerjasama dengan IST AKPRIND telah dilakukan beberapa waktu yang lalu. Komunikasi yang intensif dengan Fakultas Teknologi Mineral IST AKPRIND berkaitan dengan hal-hal yang dapat dikerjasamakan, akhirnya dapat dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman  bersama antar pergururan tinggi serta perjanjian kerjasama di tingkat fakultas. Kerjasama antar Perguruan Tinggi yang memiliki kesetaraan, justru akan ditindaklanjuti dengan bentuk yang nyata. Karena tidak adanya rasa canggung, serta memiliki tujuan yang sama, sambung Dahlan Balfast.

Sementara Rektor IST AKPRIND memandang dengan adanya nota kesepahaman bersama ini dapat menjadi payung perjanjian kerjasama yang ada. Kerjasama di bidang tridharma perguruan tinggi serta pengembangannya diharapkan akan memberikan sumbangsih nyata bagi kedua perguruan tinggi.  Karena program studi yang ada pada fakultas tekni Universitas Mulawarman hampir semuanya juga terdapat di IST AKPRIND. Harapannya kegiatan ini tidak hanya berhenti pada penandantangan saja tetapi dilanjutkan dengan tindak lanjut kerjasama yang nyata. (tdj)