SELAMAT DATANG di Fakultas Kami

Fakultas Teknologi Industri (FTI) Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta melingkupi pendidikan Program Sarjana (S1) dan diploma 3 (D3) bertujuan mengembangkan, menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dibutuhkan oleh industri/jasa yang mengolah/memanfaatkan sumber daya.
Kurikulum Pendidikan di program studi di lingkungan Fakultas Teknologi Industri terdiri dari ilmu dasar dan ilmu terapan. Selain itu, kurikulum yang diselenggarakan FTI juga mengandung ilmu penunjang dan ilmu pelengkap, agar terbina pengembangan kepribadian, sikap, perilaku, pengetahuan, dan kemampuan mahasiswa yang lebih baik.
Fakultas Teknologi Industri menyelenggarakan 5 (lima) jurusan yang terdiri dari sembilan (9) Program Studi. Program Sarjana (S1) terdiri dari lima (5) Program Studi yaitu : Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektro serta Teknik Informatika, dan Program Diploma 3 (D3) terdiri dari empat (4) Program Studi yaitu : Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektronika serta Manajemen Informatika.
Program-program studi di Fakultas Teknologi Industri memiliki tujuan khusus untuk menghasilkan Sarjana Teknik dan Ahli Madya yang memiliki kriteria :

  1. Mampu dan mandiri dalam mengembangkan ilmu yang dimilikinya serta arif dalam memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat.
  2. Memiliki kemampuan menganalisis dalam bidang ilmu yang ditekuni.
  3. Mampu bekerja dalam bidang perancangan, pelaksanaan, pengawasan dan pengolahan atas dasar konsep yang umum.
  4. Mampu meningkatkan kemampuan ilmiah beserta penerapannya.
  5. Memiliki kemampuan untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi.

Visi:
Fakultas yang favorit dan unggul di bidang aplikasi teknologi secara nasional.

Misi:
Fakultas mengedepankan dan menjunjung tinggi tata nilai, etika, estetika, norma dan budaya sehingga civitas Akademika dan para alumninya:

  1. Beretos kerja, disiplin, jujur, bermoral dan bertanggung jawab.
  2. Tenggang rasa, saling asih, asah dan asuh, mampu kerja dalam tim demi prestasi dan efisien kerja.
  3. Menguasai ilmu, memiliki ketrampilan tinggi dan berwawasan luas.
  4. Inovatif dan kreatif dalam mengembangkan sains & teknologi, berwawasan lingkungan kerja serta melaksanakan manajemen mutu terpadu sesuai dengan keahliannya.

Tujuan :
Fakultas sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Nasional bertugas mendidik, membentuk dan mengembangkan kepribadian serta kemampuan manusia, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, melestarikan unsur-unsur budaya Indonesia serta lingkungan hidup dalam rangka pembangunan bangsa dan Negara serta masyarakat sebagai penjelmaan dan pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
Dalam penyelenggaraan kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut di atas selalu berpedoman pada :

  1. Tujuan Pendidikan Nasional.
  2. Kaidah moral, etika dan kebenaran ilmiah.
  3. Kepentingan masyarakat dengan memperhatikan minat, kemampuan dan prakarsa pribadi yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan lingkungan.
  4. Pengembangan jati diri.

Daftar Program Studi

Program Studi Jenjang Ijin Akreditasi SK Akred.
Teknik Kimia S1 7268/D/T/K-V/2011 B 042/BAN-PT/Ak-XV/S1/XI/2012
Teknik Industri S1 6224/D/T/K-V/2011 B 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013
Teknik Mesin S1 7269/D/T/K-V/2011 B 017/BAN-PT/Ak-XV/S1/VI/2012
Teknik Elektro S1 6223/D/T/K-V/2011 B 846/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2015
Teknik Informatika S1 7270/D/T/K-V/2011 B 003/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2014
Teknik Industri D3 13312/D/T/K-V/2012 B 362/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IX/2014
Teknik Mesin D3 13311/D/T/K-V/2012 B 292/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/VIII/2014
Teknik Elektronika D3 13310/D/T/K-V/2012 B 137/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/IV/2015
Manajemen Informatika D3 13313/D/T/K-V/2012 B 380/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IX/2014

Fakultas Sains Terapan terdiri dari tiga jurusan yakni Jurusan Statistika Program Studi Statistika S1, Jurusan Sistem Komputer Program Studi Sistem Komputer S1, dan Jurusan Teknik Lingkungan Program Studi Teknik Lingkungan S1. Pendirian Fakultas Sains Terapan didasari oleh pemikiran bahwa pengembangan teknologi yang diperlukan bagi kesejahteraan masyarakat hanya bisa terlaksana jika didukung oleh perkembangan ilmu-ilmu dasar yakni
matematika dan ilmu pengetahuan alam.
Untuk mengikuti perkembangan dan tuntutan di masyarakat, Fakultas Sains Terapan berusaha menyiapkan lulusan yang dapat bekerja di berbagai bidang seperti pendidikan dan penelitian, pengembangan produksi, pengelolaan lingkungan, ekonomi dan perdagangan serta bidang kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu semua kurikulum dan sistem pembelajarannya dirancang sedemikian rupa agar dapat menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan dan memiliki sikap, kemampuan dan pengetahuan yang kritis, jujur, terbuka, objektif, dan tangguh, serta mampu mengembangkan potensi diri di bidang pekerjaannya masing- masing dan menghargai bidangbidang lainnya, mampu bekerja secara mandiri maupun berkelompok, berpikir dan bertindak secara rasional dan sistematis, memiliki kesadaran kuantitatif, memahami dan dapat menerapkan metode ilmiah dalam bidangnya.
Disamping itu lulusan diharapkan mampu melihat suatu permasalahan dan menemukan pemecahannya dalam kaitan yang lebih luas, mampu menggali, menganalisis dan mengolah informasi guna dan menarik kesimpulan, serta menyampaikannya secara lisan maupun tulisan dengan cara yang dapat dipertanggungjawabkan.

Visi:
Fakultas yang unggul secara nasional dibidang ilmu dasar dan penerapannya.

Misi:

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang sains dan penerapannya dengan mengedepankan dan menjunjung tinggi etika, norma, dan budaya positif.
  • Mengembangkan sains dan penerapannya yang berwawasan lingkungan dan berbasis penjaminan mutu.
  • Mengaplikasikan hasil pendidikan dan pengembangan sains dan penerapannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan Visi dan Misi diharapkan Civitas Akademikan dan para Alumninya:

  1. Berilmu dan berketrampilan unggul dengan wawasan luas.
  2. Beretos kerja, disiplin, jujur, bermoral dan bertanggung jawab.
  3. Tenggang rasa, saling asih, asah dan asuh menyadari pentingnyabekerja dalam tim demi kualitas, efektivitas dan kesuksesan dalam setiap kegiatan.
  4. Bersifat peka, tanggap, dan berperan aktif dalam perkembangan ilmu pengetahuan.
  5. Mengembangkan ilmu pengetahuan di bidangnya dan berwawasan lingkungan serta mengembangkan manajemen mutu terpadu yang relevan dengan keahliannya.

Tujuan:
Menghasilkan sarjana sains dan teknologi yang bermoral, bertakwa, mampu berpikir dan bertindak secara profesional yang diperlukan pada masa kini dan masa datang, serta mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan untuk memecahkan berbagai permasalahan dengan metode yang tepat sesuai kebutuhan stakeholders. Untuk mencapai hal tersebut di atas maka Fakultas Sains Terapan berkewajiban:

  1. Mengembangkan kepribadian sivitas akademika dalam usaha membentuk manusia bermoral yang berilmu berdasarkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia secara berkesinambungan di bidang ilmiah, ketrampilan, kreasi, inovasi dan prestasi.
  3. Meningkatkan kerjasama yang positif dan konstruktif dengan semua pihak dalam pengembangan sains dan teknologi.
  4. Mengembangkan semua Jurusan /Program Studi yang ada di Fakultas Sains Terapan agar mampu menyelenggarakan pendidikan sains serta penerapannya yang berkualitas.
  5. Mengembangkan laboratorium dan peneliti agar mampu melaksanakan penelitian dalam semua tingkatan untuk kesejahteraan masyarakat.
  6. Meningkatkan pembinaan kepada mahasiswa agar berkarya sesuai dengan bakat dan minatnya.
  7. Mengupayakan agar Fakultas Sains Terapan menjadi institusi pendidikan yang favorit dan unggul di masyarakat.

Dengan adanya visi, misi, dan tujuan yang jelas dan dipahami oleh semua unsur yang ada, maka seluruh sivitas akademika di lingkungan fakultas
memiliki panduan yang jelas dalam melaksanakan kegiatannya sehingga hal tersebut dapat menjadi pendorong dan penambah semangat untuk melakukan pelayanan dan pengembangan diri.

Daftar Program Studi

Program Studi Jenjang Ijin Akreditasi SK Akred.
Statistika S1 7998/D/T/K-V/2011 B 293/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2014
Sistem Komputer S1 7272/D/T/K-V/2011 B 447/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014
Teknik Lingkungan S1 3144/D/T/K-V/2009 B 447/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014

Pendidikan Sarjana di Fakultas Teknologi Mineral mencakup bidang-bidang keahlian yang berkait dengan ilmu dan teknologi kebumian. Berbagai gejala alam yang menimbulkan perubahan kebumian dan pengaruhnya terhadap lingkungan serta kehidupan manusia merupakan titik tolak penelaahan studi, baik yang berhubungan dengan proses geologi dan penerapannya dalam berbagai bidang kerekayasaan, maupun dalam rangka pemanfaatan sumber daya geologi bagi kesejahteraan umat manusia.
Fakultas Teknologi Mineral mempunyai 1 (satu) Jurusan yaitu Jurusan Teknik Geologi. Jurusan Teknik Geologi ini menitikberatkan pendidikannya pada pengkajian gejala fisika, kimia terhadap pembentukan kulit bumi dengan segala ciri dan perilakunya yang dapat berakibat sangat mendasar pada kehidupan manusia, baik yang bermanfaat secara langsung atau tidak langsung, maupun yang dapat menimbulkan bencana yang memerlukan usaha pemantauan dan pencegahan dini.

Visi :
Menjadi Fakultas yang favorit dan unggul di bidang ilmu kebumian secara nasional.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang ilmu kebumian yang mengedepankan dan menjunjung tinggi tata nilai, norma, dan budaya.
  2. Mengembangkan sains dan teknologi kebumian yang berwawasan lingkungan dan berbasis penjaminan mutu.
  3. Menerapkan hasil-hasil pendidikan dan penelitian sains dan teknologi kebumian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan :

  1. Mempertahankan dan meningkatkan eksistensi Fakultas di kancah nasional.
  2. Mencetak sarjana S1 sains dan teknologi kebumian yang mumpuni, berjiwa enterpreneur dan memiliki karakter disiplin, jujur dan bermoral/
  3. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian yang bermutu tinggi, yang berguna bagi kemajuan industri dan masyarakat kebumian.

Daftar Program Studi

Program Studi Jenjang Ijin Akreditasi SK Akred.
Teknik Geologi S1 7271/D/T/K-V/2011 B 163/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/VI/2014