You are here

Pelatihan Penulisan Proposal PKM AI GT

Printer-friendly versionPrinter-friendly versionSend by emailSend by emailPDF versionPDF version

Peningkatan penalaran mahasiswa erat kaitannya dengan kualitas pendidikan dan pengajaran serta peningkatan citra diri perguruan tinggi. Sehingga kualitas penalaran mahasiswa yang dituangkan dalam penulisan dan penyusunan suatu proposal terutama dalam penggalian kreativitas, komunikasi, dan kepemimpinan di IST AKPRIND Yogyakarta harus turut meningkat. Hal tersebut mendorong Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BAKA) menyelenggarakan "Pelatihan Penulisan Proposal Program Krativitas Mahasiswa (PKM) bidang Artikel Ilmiah (AI) dan Gagasan Tertulis (GT)" .

Menurut Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan & Alumni IST AKPRIND, Eko Wijanarko, B.Sc. Pelatihan penulisan proposal ini bertujuan untuk membuka jaringan kerjasama dan komunikasi antar disiplin ilmu, menyangkut tentang penalaran kreativitas mahasiswa serta meningkatkan intensitas keikutsertaan mahasiswa IST AKPRIND dalam setiap kegiatan lomba karya ilmiah mahasiswa baik di tingkat lokal maupun di tingkat nasional. Luaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa mampu meningkatkan softskill disamping kegiatan akademiknya, dan khusus untuk gagasan tertulis, nantinya dapat dipertandingkan di pekan ilmiah nasional (PIMNAS), tambahnya.

Pelatihan Kreativitas Mahasiswa dalam Karya Tulis bidang Artikel Ilmiah dan Gagasan Tertulis dibuka oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan & Kerjasama, Ir. Joko Waluyo, M.T . di Ruang Sidang Utama IST AKPRIND, Selasa (3/1). Dalam sambutannya, Ir. Joko Waluyo, M.T . berharap peserta pelatihan dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal tersebut untuk membuktikan bahwa minat menulis mahasiswa di IST AKPRIND juga meningkat. Disamping itu, proposal yang mampu lolos untuk dibiayai Diktipun juga semakin meningkat. Beliau berharap dengan pelatihan ini dapat memberikan strategi dan kiat bagaimana menulis proposal dan penulisan karya ilmiah mahasiswa dalam pelaksanaan PKM AI dan GT yang diselenggarakan oleh DITLITABMAS DIKTI. Semoga kegiatan ini dapat berjalan sebagaimana mestinya, dan mencapai sasaran yang diharapkan. Sebagai narasumber dihadirkan M. Andang Novianta, S.T., M.T., yang juga dosen jurusan Teknik Elektro IST AKPRIND.  M. Andang Novianta, S.T., M.T.,merupakan  salah satu dosen IST AKPRIND yang berpengalaman dalam PKM serta beberapa kali aktif dalam kegiatan Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS).

PKM-AI Merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan kelompok dalam  bidang  pendidikan,  penelitian  atau  pengabdian  kepada masyarakat. kegiatan dalam peogram PKM AI ini dapat bersumber dari studi kasus, praktik atau kunjungan lapangan, Kuliah Kerja Nyata, Pengabdian Kepada Masyarakat, ataupun magang pada sebuah institusi. Sementara PKM-GT merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari ide atau gagasan visioner kelompok mahasiswa. Gagasan yang dituliskan dapat mengacu kepada isu aktual yang ada di masyarakat dan memerlukan solusi sistem  yang berjangka panjang berdasarkan hasil karya pikir yang cerdas dan implementatif. (tdj)