You are here

Kuliah Umum Internasional - Big Data Statistics

Printer-friendly versionPrinter-friendly versionSend by emailSend by emailPDF versionPDF version

Big Data merupakan data yang digenerate dari bermacam-macam lokasi tempat dengan berbagai ukuran. Big data bukan hanya dihitung dari banyaknya jumlah data yang ada, akan tetapi juga kompleksnya jenis data yang berbeda-beda. Ciri khas big data adalah terdiri dari volume (kapasitas/isi), velocity (kecepatan) serta variety (keanekaragaman). Sebagai upaya mengenalkan istilah Big Data serta kegunaannya terutama dalam bidang statistika, Jurusan Statistika IST AKPRIND Yogyakarta menyelenggarakan kuliah umum Internasional dengan tema Big Data In Statistics di Kampus Pusat IST AKPRIND, Sabtu (12/10)

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik IST AKPRIND, Dr. Yudi Setiyawan, M.S., M.Sc., ini menhadirkan nara sumber  Dr. Paulo Jorge Canas Rodrigues, Direktur Penelitian Pusat Statistik dan Analisi Data, University of Tampere, Finlandia. Dalam kuliah umum tersebut disampaikan bahwa statistik memilik banyak peran dalam berbagai bidang. Keberadaan big data dalam statistik sangat berarti penting, karena data dengan jumlah, jenis dan kapasitas berapapun dapat dengan mudah kita akses dari lokasi manapun tanpa kesulitan. Big data sangat berperan dalam pengembangan pada berbagai bidang seperti teknologi, ilmu pengetahuan, penelitian, sosial media maupun pada sektor umum. Dalam aplikasi penggunaan big data, ilmu statistika memiliki peran yang sangat strategis. Peran tersebut diantaranya adalah dalam mengelola big data tersebut. Dalam pengumpulan dan pengelolaan big data, sudah tentu tidak dapat melepaskan ilmu statistika, Peran lainnya adalah penggunaan metode statistika dalam menganalisis data, serta memperkecil dan memepercepat data dari yang sebelumnya dalam kapasitas dan jumlah besar. Sehingga dengan telah dimulainya teknologi big data tersebut, sumber daya manusia uang memiliki kemampuan atau skill statistika sangat dibutuhkan dalam penerapannya.

Ketua Jurusan Statistika, Dra. Kris Suryowati, M.Si, berharap, dengan kegiatan kuliah umum yang diikuti lebih dari 70 mahasiswa tersebut dapat menggugah generasi muda untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang statistika. (tdj)