Agus Tri Setiawan, mahasiswa Teknik Mesin angkatan 2016 yang membawa nama DIY mampu meraih juara III dalam even Kejuaraan Nasional dan Terbuka  Aeromodelling 2017 yang diselenggarakan di Pangkalan Udara Gading, Wonosari, DIY (24/11-1/12) mendatang. Tampil pada Kejuaraan Terbuka dengan nomor lomba OHLG (Out Hand Launched Glider) Putra, Agus Tri Setiawan mampu memperoleh poin 265 dari 5 kali peluncuran pesawatnya.

Dalam even yang diselenggarakan oleh Persatuan Olah Raga Dirgantara Aeromodelling ( PORDIRGA AEROMODELLING ) PB FASI tersebut, peringkat pertama Kejurka nomor lomba OHLG (Out Hand Launched Glider) Putra diraih oleh Tangerang Selatan dengan perolehan nilai 293, sementara peringkat kedua oleh Banten dengan nilai akhir 268. Sementara mahasiswa IST AKPRIND lainnya, Eko Agus Winarso yang juga berasal dari jurusan Teknik Mesin hanya menduduki peringkat 13 dengan perolehan nilai 234.

Kejurka merupakan kejuaraan dimana pesertanya dapat berasal dari organisasi maupun perorangan. Sementara peserta kejurnas harus didaftarkan oleh pengurus propinsi (Pengprop) Pordirga Aeromodelling dimana atlet tersebut berasal. Pada even di Lanud Gading tersebut, 3 kelas dilombakan dalam nomor lomba Kejurka yang terdiri dari OHLG Putra, OHLG Putri dan F3U INA, sementara untuk Kejurnas mempertandingkan 11 nomor lomba.

Aeromodelling adalah kegiatan perancangan, pembuatan dan penerbangan pesawat model yang lebih berat dari udara (Heavier Than Air) dimana gaya-gaya angkat yang diperoleh dari permukaan sayap dengan ukuran yang tertentu dengan atau tanpa motor dan tidak dapat membawa manusia. Olahraga aeromodelling adalah suatu permainan yang menggunakan peralatan canggih berteknologi tinggi. Para pemainnya (Aeromodeller) harus menguasai ilmu penerbangan dan memiliki motorik yang baik serta latihan secara berkesinambungan dan intensif. Atraksi pesawat aeromodelling juga sangat menarik untuk ditonton khalayak ramai yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan, prestasi dan rekreasi.

Di Indonesia, organisasi resmi aeromodelling adalah Pordirga Aeromodelling PB FASI. Untuk mengembangkan Olahraga Aeromodelling tersebut, Pordirga Aeromodelling selalu mengadakan kejuaran rutin yang sudah terjadwal baik pada tingkat daerah, nasional, dan Internasional. Dengan diadakannya kejuaraan-kejuaraan yang rutin dan berlanjut diharapkan dapat menambah prestasi, memberi wadah bagi para pemain, dan membawa kemajuan dibidang IPTEK khususnya bidang kedirgantaraan. (tdj)