Samuel Kristiyana, S.T., M.T dosen Teknik Elektro IST AKPRIND Yogyakarta berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan dosen penguji dalam ujian  terbuka program Doktor pada Program Pascasarjana Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik UGM, Kamis (6/7). Sehingga yang bersangkutan berhak menyandang gelar Doktor. Dengan promotor Prof. Adhi Susanto, M.Sc., Phd., dan co.Promotor Prof. Ir. Sunarno, M.Eng, Ph.D dan Dr. Ir. Risanuri Hidayat, M.Sc., sesuai dengan bidangnya, Samuel Kristiyana melakukan penelitian dengan judul Pelacakan Posisi Sumber Sinyal Frekuensi Radio Berbasis Efek Doppler dan Metode Multi-triangulasi.

Dalam disertasinya Samuel Kristiyana mengungkapkan, pesatnya perkembangan teknologi komunikasi menggunakan gelombang elektromagnetik menjadikan kepadatan pada jalur frekuensi tersebut. Hal tersebut mengakibatkan komunikasi menjadi macet (jammed) karena crowded frequency. Ditambah lagi, terdapat kenyataan dilapangan yang terkadang ada unsur kesengajaan mengganggu sebuah komunikasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sehingga dengan metode ini dapat digunakan untuk melacak sumber sinyal dengan pengembangan efek Doppler yang diterapkan pada lebih dari 3 (tiga) stasiun pemantau tidak bergerak dan telah ditentukan posisi koordinatnya, sambung Samuel. Masing-masing stasiun pemantau tidak bergerak menggunakan 4 (empat) antena seperempat lamda omnidirectional yang diaktifkan secara bergantian sehingga menimbulkan pergeseran fase Doppler. Beda fase yang terjadi terhadap fase referensi akibat pergeseran ini menunjukkan besar sudut azimut dari arah datangnya sinyal frekuensi radio dalam rentang 0-360 derajat. Data arah dari stasiun pemantau dijadikan sebagai input persamaan-persamaan garis yang diolah dengan metode multi-triangulasi. Pengolahan data dengan metode multi-triangulasi telah menghasilkan prediksi titik posisi koordinat dari sinyal pemancar dan divisualisasikan pada peta digital. Sehingga diharapkan informasi dari penelitian ini dapat bermanfaat sebagai referensi bagi para praktisi di bidang rancang bangun instrumentasi elektronik, antena, dan aplikasi informasi teknologi, pungkasnya.

Secara terpisah Rektor IST AKPRIND menyampaikan bahwa dengan kelulusan Samuel Kristiyana ini, akan menambah jumlah dosen bergelar Doktor bagi IST AKPRIND Yogyakarta. Saat ini masih terdapat beberapa dosen IST AKPRIND yang juga sedang menempuh jenjang studi doktoral pada PTN di Yogyakarta serta beberapa PTN diluar Yogyakarta lainnya. Rektor berharap dengan semakin banyaknya dosen dengan gelar Doktor akan turut meningkatkan kualitas pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat bagi IST AKPRIND Yogyakarta